PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA MATERI HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA

Sotikno Sotikno(1*), Herlina Apriani(2), Antoni Pardede(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini berlatarbelakang dari hasil observasi yang dilakukan peneliti ke Madrasah Aliyah Darussalam Barambai. Dari observasi didapatkan hasil bahwa siswa kesulitan menguasai konsep dasar kimia sehingga menyebabkan gagalnya dalam pembelajaran khususnya pada submateri hukum dasar kimia. Hal tersebut sebab kurangnya media pembelajaran dan terbatasnya waktu belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis android layak sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan R&D dengan pendekatan induktif mengikuti model pengembangan yang terdiri dari 10 tahapan, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan ke-7 tahap revisi produk. Berdasarkanpenelitian yang telah  dilakukan didapatkan hasil dengan kriteria “Sangat Layak” pada uji validasi ahli media dan ahli materi. Sedangkan pada uji kriteria dari kelayakan menurut siswa sebanyak 50% dari keseluruhan siswa yang menjadi responden menghasilkan kriteria “Baik” dan sisanya “Cukup”. Dapat disimpulkan media pembelajaran ini layak valid dan layak praktis sebagai media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan induktif pada materi hukum hukum dasar kimia


Kata Kunci


Media Pembelajaran; Android; Pendekatan Induktif; penelitian pengembangan(R&D)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, A. (2016). Studi Literarur: Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi dan Self Confident Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1-12.

Alawiyah,T, Muttaqien,M, & Hadiansah . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Imunitas. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).

Amin, A., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi android berbasis weblog untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Journal Magistra, 27(94).

Khairiyah, R.S , Wardhani, R.R.A.A.K, & Apriani, H. (2019). Pengaruh lembar kerjasiswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan ILmu Kimia, 2(1), 11-15.

Kuswanto, J, & Ferri, R. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama., 14(1), 15-20.

Norjana, R, Santosa, & Ridwan, JI. (2016). ndentfikasi Tingkat Pemahaman Konsep Hulkum-hukum Dasar Kimia dan Penerapannya Dalam Stoikiometri Pada Siswa Kelas X Ipa di Man 3 Malang”. Jurnal Pembelajaran Kimia (J- PEK), 1(2), 45-49.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2).

Rista, K, & Ariyanto. E.A. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa., 1(2), 139-140.

Sudjana, N. (2013). Dasar dasar proses belajar mengajar. Bandung: Baru Algesindo.

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi SebagaiI Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 774-783.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.7521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari