HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODUL IPA TEMATIK BERTEMA MIE HABANG

Ayu Lestari(1*), Yasmine Khairunnisa(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(2) Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


tudi ini mengkaji hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII dengan menggunakan modul IPA tematik bertema mie habang. Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik. Namun pada prakteknya siswa lebih mudah memahami konsep dan ilmu yang disampaikan jika dikaitkan dengan kebiasaan sehari-hari atau adat dan budayanya, makanan khasnya, dan lainnya sebagai bentuk dari kearifan lokal daerahnya. Kearifan lokal yang menjadi tema adalah modul mie habang atau mie merah sebagai salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Tujuan yang terdapat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi
dan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA tematik bertema mie habang. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode regresi. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini yaitu nilai R square menunjukkan hasil 0,053 atau 5,3%, nilai hubungan motivasi bernilai positif dan nilai signifikan lebih besar dari 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif namun tidak signifikan antara
motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi ketika menggunakan
modul IPA tematik bertema mie habang


Kata Kunci


Motivasi, hasil belajar siswa, modul ipa tematik, mie habang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (covid-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory(MAUT). Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(2), 370–376.

Maulah, S., Nurul, F., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 50-61.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Perdana Group.

Muliadi, A., Mirawati, B. & Jannah, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5 (2), 625-633.

Pengelola Prudential. (2020). Apa Itu Sebenarnya Pandemi Covid 19. Retrieved from https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi-covid-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia/

Sari, S. I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 145-152.

Satria, E., Atina, N., Simbolon, M. E., & Windarto, A. P. (2018). Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(2), 168. https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.9954

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, R. A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.7516

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari