PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK PGRI PONTIANAK

Candra Candra(1*), A Ifriani Harun(2), Rini Muharini(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak
(2) Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak
(3) Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Hukum Kimia Dasar. Bentuk penelitian ini adalah rancangan eksperimen sejati. Sampel penelitian adalah kelas X TSM sebagai kelas eksperimen, kelas X TKR sebagai kelas kontrol dengan purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar, wawancara, dan lembar observasi. Hasil belajar dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan LKPD model Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pembelajaran dengan NHT berbantuan LKPD memiliki pengaruh sebesar 42,51% dengan kategori tinggi (Effect Size = 1,44) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X TSM SMK PGRI Pontianak pada materi hukum kimia dasar.


Kata Kunci


Numbered Heads Together; LKPD dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, S. dan Ahmadi K. I. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Annafi, N., Ashadi., & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Cahyaningrum. (2012). Pengembangan Media Smart with Chemistry (SwC) Berbasis Web.

Lie. (2010). Cooperative learning Mempraktekkan Kooperatif Learning Di Ruang Kelas. Jakarta : IKAPI.

Nawawi, H & Hadarin, M. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas press.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.6655

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

 

Supported by:

               

 

        

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.