PENGARUH PENERAPAN MODEL CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN JOEPARDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

Arnesti Yael(1*), Fitrah Yuridka(2), Herlina Apriani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model class-wide peer tutoring (CWPT) dengan permainan jeopardy terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan menggunakan 1 buah kelas kontrol dan 1 buah kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA KORPRI dengan jumlah sampel 42orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model CWPT menggunakan permainan jeopardy dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui metode ceramah. Dengan demikian, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model class- wide peer tutoring dan media permainan joepardy terhadap peningkatan hasil belajar siswa.


Kata Kunci


model class-wide peer tutoring; permainan joepardy; hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erlina. (2011). Deskripsi Kemampuan Berpikir Formal Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Tanjung Pura. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 631-640

Fatonah, V. (2014). Penerapan Model Pembelajaran 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Konseptual dan Prosedural Siswa Pada Materi Koloid. Skripsi. Bandung. UIN Sunan Gunung Djati.

Hakim, A.R., Rusdiana, D.& Wijaya, A.F.C. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Permainan Kuis Jeopardy dan Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP. Jurnal Wahana Elektronik Pendidikan Fisika (WePFi), 1(3), 1-10.

Hidayah, E. N., Sajidan, & Sugiharto, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) Disertai Media Cergam untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi.Sukarta. Universitas Sebelas Maret.

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Khairunnisa, U., Akhyar, O. & Wardhani, R. R. A. A. K. (2019). Pengembangan Media Wheel Question Pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 22-27.

Rahman, S.F. N., Herlambang, S., & Purwanto. (2013). Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Media Movie Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Geografi, 2,1-11.

Setiawati, N. T., Ashadi. & Nugroho, A. (2013). Studi Komparasi Tipe STAD dan TGT Pada Materi Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(1), 7-14.

Siskawati, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.6453

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

 

Supported by:

               

 

        

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.