ANALISIS MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Berliana Agatha(1*), Razita Fanadrarul Amiza(2), Yuni Sulistyaningsih(3)

(1) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
(2) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
(3) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
(*) Corresponding Author

Sari


Miskonsepsi diartikan sebagai suatu konsep awal yang dimiliki siswa yang tidak sesuai dengan penjelasan yang diterima umum akibat dari pengalaman yang dikonstruksi siswa. Miskonsepsi dapat juga disebut suatu konsep alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi calon guru kimia pada materi kesetimbangan kimia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal berbentuk tes diagnostik two-tier, yang diujikan kepada 15 mahasiswa secara purposive sampling melalui metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 13,85% pada materi kesetimbangan kimia yaitu pada konsep pendekatan kesetimbangan, aplikasi prinsip Le Chatelier, kekonstanan dari konstanta kesetimbangan, kesetimbangan heterogen, dan efek dari katalis.


Kata Kunci


miskonsepsi, kimia, kesetimbangan kimia, tes diagnostik two-tier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azura, Siti, Jimmi, C., & Abdullah. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi ikatan kimia menggunakan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (three tier) pada peserta didik kelas X mia SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1-13.

Bayrak, B. K. (2013). Using two-tier test to identify primary students' conceptual understanding and alternative conceptions in acid base. Online Submission, 3(2), 19-26.

Brady, J. E. (2003). Kimia Universitas Asas dan Struktur Jilid Satu. Tangerang: Bina Rupa Aksara.

Mentari, L. S. (2014). Analisis miskonsepsi siswa SMA pada pembelajaran kimia untuk materi larutan penyangga. E-Journal Kimia Visitalis Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 76-87.

Monita, A. (2016). Identifikasi dan analisis miskonsepsi siswa menggunakan three tier multiple choice diagnostic instrument pada sains. Jurnal Sains Kimia, 7(1), 1-6.

Nakhleh, M. (1992). Why some students don’t learn chemistry? Chemical misconceptions. J.Chem. Educ., 69, 191-196.

Özmen, H. (2008). Determination of students’ alternative conceptions about chemical equilibrium: a review of research and the case of Turkey. Chemistry Education Research and Practice, 9, 225–233.

Sendur, G., Toprak, M., & Pekmez, E. (2011). How can secondary school students perceive chemical equilibrium. e-Journal of New World Sciences Academy Education Sciences, 6(2), 1512-1531.

Setiawati, G. (2011). Kajian Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Pelajaran 2010/2011.Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suwarna, I. P. (2014). Analisis miskonsepsi siswa SMA kelas X pada mata pelajaran fisika melalui CRI (Certainty of Response Index) termodifikasi. Jurnal Jurusan Fisika, .

Suyanti, D. R. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tan, K.-C. D., Taber, K. S., Goh, N.-K., & Chia, L.-S. (2005). The ionisation energy diagnostic instrument: a two-tier multiple-choice instrument to determine high school students’ understanding of ionisation energy. Chemistry Education Research and Practice, 6(4), 180 197.

Tüysüz. (2009). Development of Two-Tier Diagnostic Instrument and Assess Students’ Understanding In Chemistry. Academic Journal, 4(6), 626-631.

Usu, N. (2019). Analisis miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas HaluOleo, 3(4), 226-237.

Voska, K. W., & Heikkinen, H. W. (2000). Identification and analysis of student conceptions used to solve chemical equilibrium problems. Journal of Research in Science Teaching, 37(2), 160–176.

Vrabec, M., & Proksa, M. (2016). Identifying Misconceptions Related to Chemical Bonding Concepts in the Slovak School System Using the Bonding Representations sing the Bonding Representations. Journal Chemical Education, 93(8), 1364-1370.

Yildirim, N., Kurt, S., & Ayas, A. (2011). The effect of the worksheets on students’ achievement in chemical equilibrium. Journal of Turkish Science Education, 8(3), 44-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.6323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari