TINJAUAN MINAT BELAJAR KIMIA MAHASISWA TEKNIK TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Eliyarti Eliyarti(1), Chichi Rahayu(2*)

(1) Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia
(2) Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti Padang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Perubahan modus pembelajaran dari sistem tatap muka ke pembelajaran daring diberlakukan karena Indonesia dilanda pandemi covid-19. Oleh karena itu digunakan media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran daring yaitu google classroom. Jenis penelitian ini deksriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar kimia mahasiswa teknik terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran daring. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2021/2022 berjumlah 73 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik nontes berupa lembar pengamatan. Lembar pengamatan memuat empat indikator minat belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh secara keseluruhan rata-rata persentase minat belajar kimia mahasiswa teknik terhadap penggunaan google classroom selama satu semester yaitu untuk indikator perasaan senang sebesar 76,97% dengan kategori baik, indikator keterlibatan sebesar 72,55% dengan kategori baik, indikator ketertarikan sebesar 74,15% dengan kategori baik, indikator perhatian sebesar 76,02% dengan kategori baik.


Kata Kunci


google classroom; media pembelajaran; pembelajaran daring; minat belajar kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aguilera-hermida, A. P. (2020). College students ’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1(July), 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011

Brownson, S. M. (2014). Embedding Social Media Tools in Online Learning Courses. San Francisco International Business & Education Conference Proceedings, 1–6.

Buchal, R., & Songsore, E. (2019). Using Microsoft Teams To Support Collaborative Knowledge Building in the Context of Sustainability Assessment. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA), 1–8.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Teknik Terhadap Penggunaan Media e-Learning Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(2), 124–136.

Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020a). Deskripsi Pengetahuan Awal Alat Praktikum Materi Koloid Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Dalton; Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 14–25.

Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020b). Penerapan Bahan Ajar Fisika Dengan Variasi Bentuk Tugas Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 82–90.

Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020c). Tinjauan Kontribusi Google Classroom Dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 32–39.

Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Neegeri Makassar. Jurnal Chemica, 12(2), 18–26.

Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learing Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Lanjut. Jurnal Inventa, III(1), 130–135.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Gustina, G., Ananda, A., Kosasih, A., Zakirman, Z., & Ardimen, A. (2020). Contribution Of Edmodo Smartphone Application To Support Assessment Activities In The Social Science Learning Process ; Students Review. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 774–777.

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students ’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905

Harefa, N. (2021). Tren Minat Belajar Kimia Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional IPA XI, Inovasi Pembeajaran IPA Yang Berwawasan Lingkungan Di Masa Pandemi, 86–94.

Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An Exploratory Study of the Obstacles for Achieving Quality in Distance Learning during the COVID-19 Pandemic. Journal Education Science, 10(9), 232.

Marcus. (2006). Interaction Distance Learning Courses. Journal of America Society for Information Science and Technology, 57(3), 299–305.

Marto, H. (2021). Evaluation of The Effect of Use Smartphone on Student Learning Motivation Covid-19 Pandemic Time. Aksara; Jurnal Ilmnu Pendidikan Nonformal, 07(September), 1359–1364.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, 2, 76–87.

Moise, D., Diaconu, A., Diana, M., Negescu, O., & Gombos, C. C. (2021). Online Education During Pandemic Times : Advantages and Disadvantages. European Journal of Sustainable Development, 10(4), 63–71. https://doi.org/10.14207/ejsd.2021.v10n4p63

Moore, G., Warner, W., & Jones, D. (2016). Student-to-Student Interaction in Distance Education Classes: What Do Graduate Students Want? Journal of Agricultural Education, 57(2), 1–13.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

O.I, I., & N.N.C, S. (2017). Effect of Computer Animation on Chemistry Academic Achievement of Secondary School Students in Anambra State , Nigeria. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 8(2), 98–102.

Parade, A., Handayani, D., & Sumpono, S. (2018). Menggunakan Media Internet Docs. Google Pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks Kelas X IPA di SMAN 4 Kota Bengkulu. ALOTROP, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 8–13.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.

Sabran, S., & Sabara, E. (2004). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 122–125.

Sequeira, A. H. (2017). Introduction to Concepts of Teaching and Learning. (September 2012).

Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, Oktober(2), 7–8.

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2–20.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soni, S., Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, … Hasanuddin, H. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMKN 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(1), 17–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i1.6300

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

 

Supported by:

               

 

        

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.