PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI IKATAN KIMIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 2 LAMBU

Julha Mayesti(1*), Putri Ayu Mutmainah(2), Sry Agustina(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima
(*) Corresponding Author

Sari


Mata pelajaran kimia materi ikatan kimia sering terkesan abstrak bagi siswa terutama pada kondisi siswa yang kurang aktif pada saat proses pembelajaran diperlukan sebuah media pembelajaran yang ditambahkan model pembelajaran didalamnya yang akan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik yang layak digunakan. Model pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru-guru kimia untuk digunakan dalam proses pembelajar agar dapat meningkatkan nalar kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, develop and disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap saja yaitu define, design, dan devolep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Lembar kerja peserta didik ini divalidasi oleh 5 orang ahli/pakar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan skala likert. Hasil uji kelayakan dari validator mendapat skor rata-rata 85,2% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada materi ikatan kimia layak digunakan sebagai media pembelajaran. LKPD ini didesain sedemikian rupa dengan menambahkan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah didalamnya serta penyajian masalah disesuaikan dengan kondisi dan lokasi peserta didik.

Kata Kunci


Lembar kerja peserta didik, Problem based learning, Ikatan kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Fauziah, L. N. (2021). Survei Tanggapan Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran Dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.

Halima. & Wasia, Siti. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN1 Lambandia. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Kediri.

Maulidar. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yuliandriati., Susilawati., Rozalinda. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi ikatan kimia kelas X.. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 105-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v4i2.5930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari