PENGEMBANGAN MEDIA CHEM PUZZLE PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X DI SMAN 1 ALALAK

Halita Halita(1*), Herlina Apriani(2), Novrian Dony(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan chem puzzle sebagai media pembelajaran pada materi tata nama senyawa di SMAN 1 Alalak. Media chem puzzle menjadi bahan media pembelajaran pada materi tata nama senyawa yang mana media ini mempermudah siswa untuk mengingat materi dalam pembelajaran materi tata nama senyawa. Metode penelitian yaitu R & D (Research and Development) oleh Sugiyono langkah 1 sampai 8. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Hasil analisis angket validitas media chem puzzle oleh ahli diperoleh rata-rata 93,75 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis angket uji pemakaian media chem puzzle pada siswa diperoleh rata-rata 14,28 pada rentang 14-16 dengan kriteria sangat baik. Dengan pengamatan pada hasil angket semua siswa sangat berperan aktif saat media digunakan. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa media chem puzzle yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Chem puzzle yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran kimia yang menarik khususnya pada materi tata nama senyawa.

Kata Kunci


Kimia, Tata Nama Senyawa, Penelitian Pengembangan, Media Chem Puzzle

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armiati, S. E & Pahriah. (2015). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Hydrogen : Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 302-308.

Artini, D., Suardana, N & Wiratini, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 20-28.

Ginayah, L. U., Mashuri, M. T & Wardhani, R. R. A. K. (2018). Pengaruh Media Teka-teki Silang (TTS) Kimia 3D Terhadap Kemampuan Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(2), 14-19.

Herawati, N. S & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Materi Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Husna, N., Sari, S. A & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 66-71.

Khairunnisa, U., Akhyar, O & Wardhani, R. A. A. K. (2019). Pengembangan Media Wheels Question Pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 22- 27.

Kurniati, S., Erviyenni & Azmi, J. (2015). Penggunaan Media Chem Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-11.

Masykur, R., Nofrizal & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macro Media Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. .8(2), 177-186.

Putri, R, H. 2018. Pengembangan Media Triangle Bomb-R Materi Pokok Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gambar PadaMata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SKMN 10 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 9(2), 1-4.Ristiyani, E & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penlitian dan Pembelajaran IPA. 2(1), 18-29.

Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, cv.

Widyawati, R. L., Utomo, S & B., Saputro, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Dilengkapi Flash Chemquiz Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Pada Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), 75-82.

Winanti, S., Sungkono & Hardianto, D. (2015). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Wisnarni J, E., Erviyenni & Haryati, S. 2018. Pengembangan Berbasis Powtoon Pada Pokok Bahasan Koloid di SMA/MA. Jurnal Civics : Media Kerajinan Kewarganegaraan. 15(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v4i2.5929

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari