PENGEMBANGAN MEDIA CHEM DICE PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI MAN 1 BANJARMASIN

Siti Nurimah(1*), Novrian Dony(2), Herlina Apriani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media chem dice yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media chem dice dapat menjadi bahan pertimbangan oleh guru-guru kimia sebagai sumber alternatif dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya untuk mempermudah siswa dalam memahami materi tata nama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menurut teori Sugiyono. Media chem dice dihasilkan melalui langkah- langkah proses (R & D), meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk final. Hasil uji kelayakan media chem dice meliputi kelayakan isi, kelayakan sajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafisan oleh validator mendapatkan skor rata-rata sebesar 95,83% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba produk mendapatkan rata-rata skor sebesar 17,3 dengan kriteria sangat baik, sedangkan uji coba pemakaian mendapatkan rata-rata skor sebesar 15,8 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media chem dice layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci


Chem Dice, Kelayakan Media, Tata Nama Senyawa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gomulya, D.S & Iswendi. (2018). Pengembangan Ludo Word Game (LWG) Kimia sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Jurnal Menara Ilmu, 12(12), 19-29.

Halim, A.M., Husain, H & Sugiarti. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Pinrang Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Three-Tier Test. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 37-54.

Hamalik, O. (1992). Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Helfiana, M. (2016). Penguasaan Konsep Pada Materi Tata Nama Senyawa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Siswa Kelas X SMAN I Labuhanhaji. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Irmawati. (2016). Penerapan Media Belajar Alat Peraga Dadu Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SDN 35 Kampung Sawah Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 1(1), 22-27.

Mahmudah, S., Yuridka, F & Mashuri, M.T. (2019). Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Teams-Games Tournament Dan Team-Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ajar Tata Nama Senyawa Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 16-21.

Parmawati, A., Reffiane, F & Hadi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3. Jurnal Pedagogi dan pembelajaran, 2(3), 394-401.

Rahayu, I. (2009). Praktis Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A.S., dkk. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sakinah & Iswendi. (2018). Pengembangan Ludo Word Game Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA. Jurnal MENARA Ilmu, 12(12), 58-69.

Septiani, V.N. (2017). Pengembangan Roll Spin Accounting Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian UntukKelas X Akuntansi Di SMK Koperasi Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung:

Alfabeta.

Sukriyanti, F.Z & Nadiputro, M. (2015). Pengembangan Media Game Kocok Dadu Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas VI SDN 1 Banjaran Baureno Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1), 119-125.

Susanti, I.S & Lutfi, A. (2014). Pengembangan Permainan Tradisional Jamuran Sebagai Media Pembelajaran Tata Nama Senyawa Di Kelas X SMA. Unesa Journal Of Chemical Education, 3(2), 279-287.

Wahyuni, E.S. dan Hidayah, R. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Quarchem Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA. In Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaranya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v4i1.4876

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari