ANALISIS ATTITUDES TOWARD CHEMISTRY (ATC) PADA MATERI KIMIA DASAR DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)

Nur Alawiyah(1*), Ulfa Lutfianasari(2)

(1) Universitas Islam Negeri Walisongo
(2) Universitas Islam Negeri Walisongo
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini penting dilakukan karena sikap mahasiswa ketika pembelajaran dilakukan secara daring akan memberikan outcome yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil sikap mahasiswa kimia dan pendidikan kimia dalam mempelajari mata kuliah kimia dasar yang dilakukan secara daring. Ini merupakan penelitian kualitatif dimana data dihasilkan dari penyebaran Kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa kimia dan pendidikan kimia, kemudian dilanjutkan dengan wawancara lebih lanjut terhadap subjek penelitian Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menghitung skor rata-rata dari setiap item pertanyaan yang kemudian diprosentasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa kimia dan pendidikan kimia di UIN Walisongo Semarang masuk dalam kategori sangat baik. Pada indikator terkait dengan praktikum, mahasiswa cenderung kurang senang dengan praktikum yang dilakukan secara virtual melalui video. Sedangkan pada indikator terkait kebermanfaatan dan pentingnya mempelajari mata kuliah dasar menghasilkan skor tertinggi dari keempat indikator yang ada.

Kata Kunci


analisis, Attitudes Toward Chemistry (ATC), kimia dasar, daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cheung, D. (2009). Developing a Scale to Measure Students’ Attitudes toward Chemistry Lessons. International Journal of Science Education. 31(16), 2185–2203.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2), 81-89.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Hofstein, A. & Naaman, R. M. (2011). High-School Students’ Attitudes Toward and Interest in Learning Chemistry. Educacion Quimica. 22 (2), 90-102.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Mahdi, J. G. (2014). Student Attitudes Towards Chemistry: An Examination of Choices and Preferences. American Journal of Educational Research. 2 (6), 351-356.Mariati, M. R., & Riska, C. N. (2012). Penerapan Model Apprentice Training yang Berwawasan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2), 66-69

Nisa, U. M,. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference. 14 (1), 62-68.

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5 (1), 44-51

Prayitno, R. S. (2011). Penilaian Pendidikan Kimia. Malang: Jurusan Kimia FMIPA UM.

Putria, H., Maula, H.L., & Uswatun, A. D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4), 861 – 872.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas v Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 6 (1), 11-23.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(April). https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Shaleh, A. R. & Wahab, M. A. (2004). Psikologi. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19)Situation Report –71. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200331-sitrep-71- covid-19.pdf?sfvrsn=4360e92b_8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v4i1.4874

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari