PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X DI SMAN 01 WANARAYA

Sri Lestari Ani(1*), Novi Rahmawanti(2), Herlina Apriani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Open Ended menggunakan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Wanaraya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 01 Wanaraya dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yan digunakan berupa tes objektif ranah kognitif dengan soal pilihan ganda, penelitian ini menggunakan quasi eksperiment atau eksperimen semu, sedangkan sampel penelitian ini yaitu X IPA A dan X IPA B berjumlah 65 siswa. Hasil uji kelayakan pendekatan Open Ended menggunakan model pembelajaran STAD dilakukan oleh tiga validator untuk materi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan nilai sig sebesar 0.02 sehingga kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh pendekatan Open Ended dengan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia di SMAN 01 Wanaraya.

Kata Kunci


Hukum dasar kimia, pendekatan Open Ended, STAD (student teams achievement division), hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, M. (2004). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : KencanaPrenada Media Group.

Ana, S. L., Rahmawanti, N., Dony, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Wanaraya. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(2), 45-50. Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khan, G.N dan Arshad, A. (2012). Higher Secondary School Students’ Attitude towards Chemistry. Journal of Asian Social Science, 8(6),165-169.

Martunis. (2014). Pembelajaran Open Ended Pada Luas Segitiga Siswa SMA Negeri 2 Indrajaya. Jurnal Sains Riset, 1(19), 13-21

Rochaety, E. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Trianto. (2011). Model Model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i2.3912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari