PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMAN 1 SUNGAI TABUK

Nur Islamiah(1*), Herlina Apriani(2), Novrian Dony(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMAN 1 Sungai Tabuk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 sungai tabuk dengan menggunakan metode quasy eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan desain nonequivalent pretest posttest kontrol group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Sungai Tabuk berjumlah 69 sampel yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan pada kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menyatakan H1 diterima sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh LKS berbasis pendekatan induktif terhadap hasil belajar siswa

Kata Kunci


LKS, Pendekatan Induktif, Hasil belajar, Hukum-hukum dasar kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aniodoh, H. C. O. dan Egbo, J. J. (2013). Effect of Gender on Student ’ Achievement in Chemistry Using Inquiry Role in Instructional Model. Journal of Educational and Social Research. 3 (6): 17-21.

Arikunto. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Falahudin. I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Khairiyah, R. S., Wardhani, R. R. A. A. K., Apriani, H. (2019). Pengaruh LKS Berbasis Pendekatan Induktif Terhadap Kemapuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan Di SMA 12 Banjarmasin. Dalton:Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 11-15.

Nurliawati, N. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Komik Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII Di MTsS Insan Qur’ani Pada Materi Cahaya. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam

Sarwono, J. (2012). IBM SPSS “Advancees Statistic”. Prosedur-prosedur Generalisasi dan Perluasan General Linear Model (GLM). Yogyakarta: ANDI.

Siswanto, J. (2012). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja dengan Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prestasi Pustaka. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i2.3908

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari