PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA MATERI LARUTAN DENGAN SARANA LESSON STUDY

Lily Budinurani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas dan kemandirian siswa adalah project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lesson study dalam meningkatkan capaian hasil belajar dan karakter siswa pada materi larutan dengan menggunakan metode project based learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain posttest-only control design. Sampel yang digunakan siswa kelas X TKR SMK Bhakti Praja Dukuhwaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas penelitian yaitu tingkat keterlaksanaan project based learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan karakter siswa. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni kelas eksperimen sebesar 80 dan ketuntasan belajar mencapai 90% sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai akhirnya sebesar 78 dan ketuntasan belajarnya hanya 86%. Hasil uji N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dengan sesudah diberikan perlakuan (post-test) yakni kelas yang menggunakan pembelajaran proyek rata-rata peningkatannya sebesar 0,72 pada kriteria tinggi sedangkan pada kelas kontrol hanya 0,69 pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa project based learning berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada materi larutan yang dikemas dengan sarana lesson study dan mendapatkan respon positif dari siswa.

Kata Kunci


project based learning, lesson study, prestasi belajar, karakter siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. & Arisandi, Y. (2015). Program Induksi untuk Guru Pemula. Yogyakarta: Gava Media.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i2.3907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari