PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOX QUESTION PADA MATERI SISTEM KOLOID DI MA SITI MARIAM BANJARMASIN

Putri Pertiwi(1*), Novrian Dony(2), Mohan Taufiq Mashuri(3)

(1) Universitas Islam kalimantan MAB
(2) Universitas Islam kalimantan MAB
(3) Universitas Islam kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media box question yang layak sebagai sarana bagi siswa untuk mengulangi materi koloid yang telah diajarkan agar lebih aktif dan fokus mengikuti pembelajaran pada materi sistem koloid di MA Siti Mariam Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (analysis, design, development, implemention, and evaluation). Teknik analisis data yang digunakan oleh penilii yakni berupa deskriftif kualitatif. Hasil analisis angket validitas media box question oleh ahli di peroleh rata-rata 51,6 % berada pada rentang 51< X ≤ 63 sehingga termasuk kriteria baik (B). Hasil analisis angket uji kelayakan media box question setelah implemention pada siswa diperoleh rata-rata 52,2 % berada pada rentang X > 50,4 sehingga termasuk kriteria sangat baik (A), dengan pengamatan pada hasil angket semua siswa berperan aktif saat media ini digunakan . Setelah di implementasikan dan berdasarkan hasil angket dapat disimpulakan bahwa media box question yang dihasilkan sudah layak digunakan untuk bahan pembelajaran

Kata Kunci


Kimia, Sistem Koloid, Penelitian Pengembangan, Media Box Question

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal. Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Grafindo Persada.

Gumulya, D.S dan Iswendi.2018. Pengembangan Ludo Word Game (LWG) Kimia sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Jurnal. Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Padang.

Khairunnisa, U., Akhyar, O., & Wardhani, R. A. (2019). Pengembangan Media Wheels Question pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(1), 22-27.

Khairunnisa, W. (2017). Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA AngkasaAdisutjipto.Skripsi. Program Studi Pendidikan Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Yogjakarta.

Mahrus, M. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. MalangMajid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Padmanaba, K.G. dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia.

Rizqianan, F.K, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Investigasi untuk Meningkatkan Kompetensi siswa pada Materi Koloid. Artikel. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Rosalina, S. D., Wardhani, R. A., & Akhyar, O. (2018).

Pengembangan Bahan Pembelajaran Buku Kimia Berbasis Pop Up Pada Materi Minyak Bumi Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1), 34-40.

Sari, P., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN 1 Pontianak. Jurnal. Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & pengembangan research and Development. Bandung : Alfabeta, cv.

Wahyuni, E.S. dan Hidayah, R. 2016. Pengembangan Media Permainan Kartu Quarchem Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA. In Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaranya, hal. 124-130.

Wisnari, E., dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Pokok Bahasan Koloid di SMA/MA. Jurnal. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari