PENGARUH MEDIA FLIPBOOK KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

Norhalidah Norhalidah(1*), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Fitrah Yuridka(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Flipbook. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungai Tabuk dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel penelitian. Sampel berjumlah 69 orang siswa. Validasi dari media Flipbook kimia telah dilakukan oleh para ahli media dan ahli materi. Persentase kelayakan media oleh ahli media adalah 83,52%, sedangkan persentase kelayakan isi oleh ahli materi adalah 97,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Sungai Tabuk

Kata Kunci


Hasil Belajar, Media Flipbook.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminoto, T. dan Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1): 13-29.

Hartono. (2011). Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Nazeri. (2013). Penggunaan e-Flipbook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur.

Rosalina,S.D., Wardhani, R. R. A. A. K., Akhyar, O. (2018) Pengembangan Bahan Pembelajaran Buku Kimia Berbasis Pop Up Pada Materi Minyak Bumi Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1),34-40.

Susilana, R. & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari