PENGEMBANGAN POWERPOINT PRESENTATION BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI KELAS XI SMAN 2 BATUSANGKAR
(1) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia.
(2) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia.
(3) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia.
(4) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia.
(*) Corresponding Author
Sari
Integrasi nilai-nilai spiritual ke dalam pembelajaran kimia merupakan upaya strategis untuk meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membangun karakter peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah pengembangan media pembelajaran berbasis multipel representasi kimia dengan memadukan ayat-ayat al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media PowerPoint Presentation berbasis multipel representasi kimia yang terintegrasi ayat al-Qur'an pada materi bentuk molekul yang valid dan praktis. Uji Validitas meliputi tiga aspek: validitas materi (kimia dan integrasi ayat al-Qur'an), bahasa, serta media. Metode penelitian menggunakan model pengembangan R&D dengan tahapan 4D hingga tahap development. Hasil validasi menunjukkan media sangat valid dengan skor kelayakan materi 91,67% (kimia) dan 100% (ayat al-Qur'an), bahasa 90,9%, serta media 94,31%. Praktikalitas peserta didik menunjukkan skor 84,98% (sangat praktis), sementara wawancara dengan pendidik menyatakan media ini sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan media PowerPoint yang dikembangkan sangat prakis dan sangat valid serta dapat membantu memahami konsep kimia dan membangun karakter peserta didik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 179.
Fiyani, A., Nanda Saridewi, & Siti Suryaningsih. (2021). Analisis Konsep Kimia Terkait dengan Pembuatan Surfaktan dari Ampas Tebu. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(2), 94–101.
Hatimah, H., Hulyadi, Pahriah, & Sajrin, N. (2020). Pengembangan Modul Terintegrasi Ayat-ayat Al Qur’an pada Materi Minyak Bumi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MA NW Dary Muhyiddin NW Santong Terara Lombok Timur. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.
Nasution, F., Azura, C. N., Nurliana, D., & Rahmam, M. F. (2023). Perangkat untuk Pengajaran Efektif. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 264–272.
Pahriah, & Hendrawani. (2018). Efektifitas Penggunaan Modul Multipel Representasi Berbasis Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Pemahaman Konsep Calon Guru Kimia. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 06(1), 370–374.
Supriyani, & Winaryati, E. (2019). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pelajaran kimia kelas XII MIPA. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 01, 437–446.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i3.16886
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari