PENGGUNAAN MEDIA SLOT AND BALL BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI LAHAN RAWA DAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PEREAKSI PEMBATAS

Viony Febriyanti(1), Herlina Apriani(2*), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Sari


Konsep kimia yang bersifat abstrak seperti pereaksi pembatas memerlukan media yang mampu memvisualisasikan konsep abstrak tersebut menjadi lebih konkrit. Pembelajaran kimia secara konseptual dengan mengaitkan karakter religius dan kearifan lokal membantu siswa memahami konsep kimia secara nyata. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media slot and ball berbantuan lembar kerja peserta didik terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman pada sub materi pereaksi pembatas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Penelitian ini menggunakan metode The Static Group Comparison Design (TSGCD). Data penelitian dikumpulkan melalui tes dengan instrumen soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test berbantuan SPSS v.26. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media slot and ball berbantuan lembar kerja peserta didik pada sub materi Pereaksi Pembatas. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian dapat membantu siswa dalam mempelajari kimia secara kontektual dan memahami konsep-konsep abstrak menjadi lebih konkrit.


Kata Kunci


Media slot and ball, Hasil belajar, Materi pereaksi pembatas, Nilai Keislaman, Kearifan Lokal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendrawani., Subandi., & Fajaroh, F. (2020). Kualitas Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Representasi Mikroskopis. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram (JIIM), 7(2), 262-272.

Junaedi, I., (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR (Juornal of Informatin System, Applied, Management, Accounting and Researh), (3)2, 19-25.

Kean, E. & Middlecamp, C. (1984). Panduan Kimia Dasar. Jakarta. PT Gramedia.

Kustandi. C., & Sutjipto. B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Munirah. (2018). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Perhatian Dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan, Dan Perbedaan Individu). AULADUNA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 116-125.

Ma’rifah, C., & Qohar, A. (2020). Keaktifan Siswa Pada Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Papan Rotasi (Partasi) Materi Transformasi Geometri. BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual, 5(4), 698-709.

Nurfadillah, S., Azhar, R. C., Aini, N. D., Apriansyah, F., Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 154-163.

Polamolo, N. A., Lukman, A., Sukamto, K. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Pereaksi Pembatas Menggunakan Tes Three Tier Multiple Choice. Jambura Juournal of Educational Chemistry, 4(1), 52-56.

Putri, D. Y., Elvia, R., Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ANDROID Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 168-174.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif dalam Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Inovasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Valentie, I., & Fatah, H. A. (2020). Hasil Belajar Konsep Pereaksi Pembatas Berbantuan LKS-Induktif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 235-243.

Wahyudi, D., & Fitriani. (2021). ENTOKIMIA: Ekspolrasi Potendi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 102-111.

Wahiddah, N. A. S., & Julia, J. (2022). Afirmasi Positif: Booster Untuk Meminimalisir Hambatan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 15(2), 189-199.

Yusuf, B., B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i3.16784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari