ANALISIS KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN KIMIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 2 MAKASSAR
(1) Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Sari
Kurikulum Merdeka adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pengelolaan yang baik dan peningkatan kualitas layanan diharapkan dapat membantu peserta didik menjadi individu berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan pembelajaran kimia dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar, fokus pada dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII IPA yang berjumlah 351 orang dan sampel 157 orang menggunakan teknik probability sampling dengan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan model skala Likert dan analisis data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa kualitas layanan pembelajaran kimia dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar perlu memprioritaskan dimensi tangible dan responsiveness, mempertahankan dimensi assurance, serta mengevaluasi reliability dan empathy yang cenderung berlebihan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan yang relevan untuk evaluasi layanan pembelajaran kimia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aritonang, R.L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.
Annamdevula, S., & Shekhar, R.B. 2014. The Effects of Service Quallity on Student Loyalty: The Mediating Role of Student Satisfaction. Journal of Modelling in Management. Vol. 11 No. 2. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JM2-04-2014-0031/ full/html.
Batinggi, A. & Badu, A. 2009. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Andi Offset
Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 28. Jakarta: Depdiknas.
Deming, W. E. 1982. Quality, Productivity, and Competitive Position. Cambrige: Massachusetts Institute of Technology.
Djamarah, Syaiful Bahri., & Azwar, Zain. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. 2019. Analisis Kepuasan Orang Tua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education. Vol.2. No.1. Diakses September 26, 2022. https://www.researchgate.net/publication/336875736_Analisis_Kepuasan_Orangtua_dan_Siswa_terhadap_Kualitas_Layanan_Pendidikan_Dasar.
Gardiarini, P., Dianovita, C., & Farida. 2020. Analisis Kepuasan Siswa SMK Negeri 4 Dan SMK Pancadarma Di Balikpapan Terhadap Layanan Kantin Sekolah dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Service Index (CSI). Prosiding SNITT Poltekba. Vol 2. Diakses September 23, 2022. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/ article/view/1044.
Goetsch, David L., & Davis, Stanley B. 2002. Pengantar Manajemen Mutu 2 (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: PT Prenhallindo.
Goetsch, D. L., & Davis, S. M. 1994. Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness. New York: Macmillian College.
Gronroos, Christian. 2007. Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition. England: John Wiley & amp.
Hartono. 2009. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Pekan Baru. PAIKEM.
Hazilah, N., Ahmad, K., & Ahmed. 2013. Critical Factors of Service Quality in Graduate School of Malaysia. Internasional Journal of Quality and Services Vol.5 No.4. Diakses September 26, 2022.https://www.researchgate.net/ publication/263599411_Critical_factors_of_service_quality_in_a_graduat e_school_of_Malaysia.
Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.
Jamilah, Nur., Mulawarman., Widyatmikegede., Hudiyono, Y. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif “POST” dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA.
John, Dewey. 1976. The School and Society. Carbondale: Southern Lilinois University
Kaharuddin, Arafah., Patahuddin., Rusyadi., Fahmi., Fiqrah. 2023. Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. 2020. Influences of Price, Promotion, and Service quality on Communities Interest in Choosing Vocational High School. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 233–243. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.15340
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, R. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Kedua). Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, R., & Ikhsan, Ridho B. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Martilla, J.A., & James, J.C. 1977. Importance-performance analysis. Journal of Marketing, 41(3), 77-79.
McLeay, F., Robson, A., & Yusoff, M. 2017. New Applications for Importance Performance Analysis (IPA) in Higher Education: Understanding Student Satisfaction. Journal of Management Development. Vol. 36 No. 6. Diakses Oktober 01, 2022. https://www.emerald.com/insight/content/doi/ 10.1108/JMD-10-2016-0187/full/html.
Moenir. 2005. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Nugroho. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Harga Produk Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya Terhdap Loyalitas Pelanggan. Jurnal OE. Volume VII, No. 2, 158-174.
Parasuraman, Valarie A. Z. & Berry. 2002. Delivering Service Quality. New York: Mc Milan.
Priansa, D. J. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Priliyanti Anggi., I.W. Muderawan., & S. Maryam. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha.Volume 5 (1), 11-18.
Pontjorini., & Prima. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Rachmawaty, D., Yamani, A.Z., Winati, F.D., & Mardhiana, H. 2021. Implementation of Importance-Performance Analysis on Integrated Information System at Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Jurnal Ilmiah Teknik Industri p-ISSN 1412-6869 e-ISSN 2460-4038. Diakses September 23, 2022. https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/ article/ view/15600/7292
Rahmantiyoko, Agus., Sri., Fatiaty.,dan Slamet. 2019. Keselamatan dan Keamanan Kerja Laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series No (4).
Ramya, N., Kowsalya, A., dan Dharanipriya, K. 2019. Services quality and its dimensions. EPRA International Journal of Research and Development (IJRD), 4(2), 38–41
Ruslan. 2014. Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Kepuasan Mahasiswa Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan PPs UNM. Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI). Diakses September 23, 2022. Http://eprints.unm.ac.id/3240/1/5.%20526-1313-1- PB-Artikel-Prosiding%20Hepi-Bali.pdf
Santo, E. A., Putra, A. F. P., & Yuniawan, D. 2018. The Effect of Promotion, Price, and Service Quality on Purchase Decision of Higher Education Service. Case Study Analysis at X University in Malang City. 8.
Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Surya, Mohammad. 2003. Percikan Peerjuangan Guru. Semarang: PT Aneka Ilmu.
Susanto, Hery. 2014. Pengaruh Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Volume 15, Nomor 2, September 2014, 88-98. Diakses September 30, 2022. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/592/575.
Tjiptono, F. 2008. Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service, Quality, & Satisfaction, (Edisi Keempat). Yogyakarta: ANDI.
Tomlinson, C.A., & Moon, T.R. 2013. Assesment and Student Succes in A Differentiated Classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Widodo, S.M. & Sutopo, J. 2018. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan pada e-commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris. (4(1), 38-45. Diakses Desember 27, 2022. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/2224.
Yulianti, Y. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan dengan Menggunakan Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 6 No.2. Diakses September 26, 2022. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6086/ 5813.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i3.15928
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari