PENGARUH PENERAPAN PEER ASSESMENT MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALZATION (TAI) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 BANJARMASIN

Siti Aryani(1*), Herlina Apriani(2), Okviyoandra Akhyar(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan masih rendah disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga siswa hanya pasif mendengarkan. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung kurang aktif dan antusias dalam pembelajaran, serta kurang memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer assessment terhadap hasil belajar siswa melalui model Teams Assited Individuzation. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda 10 soal dengan 5 pilihan jawaban yang diujikan pada saat posttets. Pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney u. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan peer assessment melalui model team assisted individualzation terhadap hasil belajar.

Kata Kunci


Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Peer Assessment, Team Assisted Individualzation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrullah, F. (2012). Penerapan Peer Assessment Dalam Kegiatan Praktikum Rangkaian Logika Untuk Menilai Kinerja Siswa Pada Kompetensi Menerapkan Rangkaian Elektronika Digital Di Smk Negeri 12 Bandung. Skiripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta

Islamic.A.R., Sukardjo.J.S., Dan Nurhayati. N. D. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Media Handout Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa Kimia Dan Persamaan Reaksi Kimia Kelas X2 Sma Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 68-74.

Kurniawan, D. (2016). Penggunaan assessment for learing (AFL) melalui peer assessment untuk meningkatkan mathematical problem solving. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matermatika, 2(2), 87-98

Lestari, P. (2015). Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan penalaran siswa pada materi sistem pernapasan do M.A Al-Muayyad Iii Tegowanu Grobogan. Skripsi. Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo

Safitri N. F., Sukro., Suhartono. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Kelas Xi Di Sman 54 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1).

Sarwono, J. 2012. IBM SPSS “Advancees Statistic“: Prosedur-Prosedur Generalisasi dan Perluasan General Linear Model (GLM). Yogyakarta : ANDI

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Topping, K. (1998). “Peer Assessment between Students in Colleges and Universities. Review of Educational Research. Jurnal Article,68(3), 249-276

Zulharman, 2007. Self dan peer assessment sebagai penilaian formatif dan sumatif. Skripsi sebagai penilaian formatif dan sumatif. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i2.1582

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari