PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) KIMIA 3D TERHADAP KEMAMPUAN KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Lulu Ul Ginayah(1*), Mohan Taufiq Mashuri(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pembelajaran dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D merupakan pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan berpikir kreatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D mampu mengembangkan kemampuan kreatif siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media teka-teki silang (TTS) kimia 3D terhadap kemampuan kreatif siswa. Penelitian yang digunakan adalah kuasieksperimen. Instrumen penelitian berupa pretest, posttest dan angket berpikir kreatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin dan diambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dan kelas kontrol menggunakan lembar kerja soal. Analisis data yang digunakan meliputi analisis instrumen dan analisis akhir berupa uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kreatif kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil uji gain menunjukkan terjadinya perkembangan pada kelas eksperimen yaitu meningkat dengan kategori tinggi. Hasil angket menunjukkan kemampuan kreatif siswa pada akhir yaitu meningkat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan media teka-teki silang (TTS) kimia 3D dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Kata Kunci


Kemampuan Kreatif, Teka-Teki Silang (TTS) Kimia 3D,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru Cetak ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aritonang, M. (2013). Integrasi Strategi Pembelajaran dan Media Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pokok Bahasan Minyak Bumi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ermaita, Pargito, & Pujiati. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 81-89.

Fathonah, Sugiharto, & Utomo. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dengan Kartu pada Pembelajaran Kimia melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa padaMateri Zat Adiktif dan Psikotropika Kelas VIII SMPN 2 Ngadirojo. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 68-76.

Febrianti, A., Holilulloh, & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pengayaan Berbentuk Teka-teki Silang (TTS) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VII dan VIII SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Lampung: UNILA.

Kustandi, Cecep, Sutjipto, & Bambang. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Laksmi, K. I., Sujana, W. I., & Suryaabadi, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based learning) Berbantu Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Jelantik. Singaraja: Universitas Pendidikan Genesha.

Meltzer, D. E. (2002). Relationship Between Mathematics Preparation Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible "Hidden Variable" in Diacnotic Pretest Score. American Journal of Physics, 70(12), 1259-1268.

Mirzandani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 24-32.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nahadi, Siswaningsih, W., & Maliga, I. (2015). Pengembangan dan Analisis Tes Kimia Berbasis Open-Ended Problem Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VII (pp. -). Surakarta: UNS.

Petrucci, Harwood, Herring, & Madura. (2007). Kimia Dasar Prinsip-Prinsip & Aplikasi Modern. Jakarta: Erlangga.

Purba, M. (2006). Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Purbasari, J. R. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Malang: UM.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Uno, B. H. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, Budi, & dkk. (2009). Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i2.1578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari