PENGARUH MEDIA PERMAINAN KOTAK KATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 1 ALALAK

Karina Karina, Novi Rahmawanti, Mohan Taufiq Mashuri

Sari


Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Alalak dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 87 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi menyangkut foto-foto kegiatan saat pembelajaran berlangsung, sedangkan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data post-test yang diperoleh diuji menggunakan Independent sample t-test. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media permainan kotak katik terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks.

Kata Kunci


Hasil Belajar, Permainan Kotak Katik, Reaksi Redoks

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiningsih, C. A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Finlam, K.. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Brbantu Permainan Kotak Katik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5: 1-12.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hidayah, R., Suprianto. & Rahmawati, A. 2017. Permainan “Kimia Kotak Katik” Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Tadris Kimiya 2, 1 (Juni 2017) : 91-96.

Murwaningsih, E, A., Susantini, E., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Kotak Katik IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Sebagai Media Pembelajaran Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3):1-8.

Priatmoko,S., Saptorini. & Diniy, H.H. (2012). Penggunaan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Chemo-Edutainment Dalam Pembelajaran Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 37-42.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A. & Harjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santyasa,I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Workshop Banjar Angklan Klungkung, Universitas Pendidikan Ganesha, 10 Januari 2007.

Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Universitas Pendidikan Ganesha, 11 Oktober 2014.

Sudjana, N & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Yulianingtyas, E., Budiasih, E. & Marfuah, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 6E terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa SMAN 8 Malang pada Materi Redoks. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5):724-730.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i2.1577

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

       

 

Supported by: