PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Ika Agustina Wulandari(1*), Mohan Taufiq Mashuri(2), Novrian Dony(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu: Pretest, Perlakuan, dan Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia 2 dan X Mia 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dan foto. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan Zhitung bernilai -1,05 dan Ztabel bernilai 1,96 pada taraf signifikan 5%. Jika Zhitung< -Ztabel maka H0 ditolak, ternyata -1,05 < -1,96 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media kotak kartu misterius (kokami) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Kata Kunci


Kotak Kartu Misterius, Hasil Belajar, Hukum-Hukum Dasar Kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam). Jakarta: Rajawali pers.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Parenada Media Grup.

Sudjana. (2015). Metoda Statistik. Jakarta:Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wirda, NN., Susilawati., Hariyati, S. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon dan Minyak Bumi dikelas X.8 SMAN 9 Pekanbaru.

Rusiana, Y. (2014). Penggunaan Media KOKAMI pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(4), 183-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i2.1576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari