PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REDOKS DI SMA ISLAM DARUL MUHIBBIEN

Riski Novia Syafitri(1), Antoni Pardede(2*), Emilda Prasiska(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(*) Corresponding Author

Sari


Mata pelajaran kimia merupakan suatu mata pelajaran yang memerlukan strategi agar lebih mudah untuk dimengerti oleh siswa terutama pada materi redoks. Salah satu model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menerima konsep yang diberikan oleh guru adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia kelas X SMA Islam Darul Muhibbien pada materi redoks dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen (quasi experimen) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posstest control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis hasil nilai signifikan yang didapat adalah 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional, dengan persentase nilai belajar kelas eksperimen 80% dan 55% pada kelas kontrol. 


Kata Kunci


Inkuiri Terbimbing; Hasil belajar Siswa; Redoks

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17-22.

Faelani, U. H. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Pada Pembelajaran Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 498-508).

Huki, F. P., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Lewa Tidahu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857-7868.

Ilahi, K. A., Sudiana, R., & Nindiasari, H. (2022). Pengembangan Media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall untuk mengurangi kecemasan matematika. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 304-312.

Meriyenti, M. (2022). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xii Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 373-381.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

Pratiwi, K.F., Wijayati, N., Mahatmanti, F.W., dan Marsudi, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, Hal 2337- 2348.

Ramdhayani, E., Syafruddin, S., & Dekayanti, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pertumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 93-99.

Samrah (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Budong-Budong. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah, Makasar.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.

Sanjaya, Wina. 2019. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta Kencana. 12(1), 289-291.

Septiari, N. K. D., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 45-56.

Wardani, M. A. P., & Harwanto, H. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X SMK. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99-106.

Zurotunisa, A., Habiddin, H., & Suryadharma, I. B. (2016). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Lawang Pada Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 9-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i2.15615

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari