IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWI KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA ISLAM DARUL MUHIBBIEN BINUANG
(1) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini merupakan Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswi kelas XI pada materi sistem koloid di SMA Islam Darul Muhibbien Binuang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswi, hasil belajar dan tanggapan siswi terhadap penerapan model pemebelajaran contextual teaching and learning (CTL). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan quasi ekperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIB sebanyak 20 siswi sebagai kelas eksperimen dan kelas XIC sebanyak 20 siswi sebagai kelas kontrol. Aktivitas siswi tergolong sangat tinggi dengan persentase rata-rata 91,25%, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan persentase hasil belajar yang diperoleh 15% nilai sebelum menggunakan model CTL, sedangkan siswi telah menggunakan model CTL persentase yang diperoleh 95%. Tanggapan siswi adalah positif sebanyak 94%, sedangkan yang bertanggapan negatif 6%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas siswi, hasil belajar, dan minat belajar siswi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anas, S. Pengantar Statistik. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).
Banu, M. E., Tinenti, Y. R., & Tukan, M. B. (2022). Pengaruh Respon Siswa Tentang Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Yang Mengintegrasikan Media Video Pembelajaran Sub Materi Sifat Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan.
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta.
Nina, A. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Ridwan Negeri leman. Skripsi.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i2.15613
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari