ANALISIS KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK

Siti Aisyah Nur Sari(1*), Okviyoandra Akhyar(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran true or false dan take and give terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam-basa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan “Non-equivalen Control Design” yang terdiri dari 2 kelas: kelas ekperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran aktif strategi true or false, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran aktif strategi take and give. Tes dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (postest). Teknik analasis yang digunakan adalahOne sample t-test.Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Berdasarkan analisis nilai posttest denganOne sample t-test untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05 hal ini berarti H0 ditolak artinya strategi true or false efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen II diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035<0,05 berarti H0 ditolak artinya strategi take and give efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa,(2) efektivitas kelas ditinjau dari selisih hasil belajar pretest dan posttest menunjukkan pembelajaran menggunakan strategi true or false dengan presentase 30,59% lebih efektif daripada menggunakan take and give dengan presentase 21,33%.

Kata Kunci


Hasil belajar, True or False, Take and Give

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antika, R. N., Pramudiyanti, & Yolida, B. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(5), 1-11.

Arifah, A. N., Herdini, & Copriady, J. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe True or False Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 6 Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustikasari, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2011). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari