PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN BUKU KIMIA BERBASIS POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN

Siska Dwi Rosalina(1*), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Okviyoandra Akhyar(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar buku Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Brog and Gall. Produk hasil pengembangan dinilai oleh tiga orang ahli untuk validasi buku dan satu orang guru kimia untuk menentukan kualitas kelayakan buku Pop up yang mencakup lima aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, aspek kegrafisan, dan aspek kesesuaian dengan komponen Pop Up. Analisis data yang digunakan adalah data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan buku kimia berbasis Pop up pada materi minyak bumi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin adalah sebesar 24,00% aspekKelayakan Isi, 24,00% aspek Bahasa dan Gambar, 85,00% aspek penyajian, 35,00% aspek Kegrafisan, dan 52,00% aspek Kesesuain Dengan Pop Up. Dari kelima aspek penilaian, buku pop up ini termasuk dalam kualitas baik (B).Oleh karena itu, bahan ajar buku kimia berbasis pop up pada materi kimia minyak bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas X SMAN 12 Banjarmasin.

Kata Kunci


Kimia; Minyak Bumi; Penelitian Pengembangan; Buku Pop Up; Belajar Mandiri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaliyah, F., & Kristianingrum, S. (2014). Pengembangan Media Pop Up Amazing Chems Materi Koloid Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kimia Kelas XI SMA/MA. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Anisah, L. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Pedagogical Content Knowledge Untuk Materi Pokok Struktur Atom terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Banjarmasin: Jurusan Kimia Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB.

BSNP. (2011). Diskripsi Butir Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMP. Jakarta: BSNP.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. FKIP-UTM, 37(1), 14-16.

Khoirunnisa, O. R., & Kristianingrum, S. (2014). Pengembangan Chemistry Pop-Up Book Materi Teori Atom Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas X. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Nancy, L., & Rhonda, H. (2012). Pop-up Books: A Guide for Teachers amd Librarians. Santa Barbara: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Rahmawati, C. (2014). Penyusunan Modul Pembelajaran KKPI Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Menhoperasikan Software Spreadsheet Di SMK Negeri Depok. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Risnita. (2012). Pengembangan Skala Model Likert (Vol. 3). -: Edu-Bio.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyanti, D. N. (2014). Analisis Penilaian Portofolio Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Utami, B., & dkk. (2009). Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, & Martinis, H. (2011). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yatmono. (2013). Bahan Ajar Fisika Online untuk Mengembangkan Kemandirian dan Minat Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kalor. Semarang: Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1500

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari