PENGEMBANGAN KARTU REMI KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA KORPRI BANJARMASIN

Ni Kadek Ayu Sukarsih(1*), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Mohan Taufiq Mashuri(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian R&D (Research & Development) dengan menggunakan desain Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA KORPRI Banjarmasin denganjumlah siswa 32 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Uji kelayakan produk di lakukan dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus product moment, uji reabilitas instrumen hasil belajar dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha, dan hasil belajar siswa diukur menggunakan persentasi skor. Dari hasil penelitian produk pengembangan kartu remi kimia menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji kelayakan produk yang dilakukan didapatkan nilai untuk setiap aspeknya yaitu aspek kebahasaan dan kegrafisan mendapat kriteria sangatbaik. Sedangkan untuk kelayakan isi, TGT dan kegrafisan mendapat kriteria B yaitu Baik. Untuk uji validitas instrumen hasil belajar dengan taraf signifikan 5% r tabel 0,444 didapatkan 13 butir instrumen hasil belajar valid dari 30 butir instrumen hasil belajar. Untuk uji reabilitas instrumen hasil belajar mendapatkan nilai 1,032 dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan 57,01%.

Kata Kunci


KartuRemi Kimia, Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), HasilBelajar, SistemKoloid.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Budi, Utami, et al. (2009). Kimia 2: Untuk SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, & Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hart, A., & Suss, D. (2002). Media Education in 12 European Countries, A Comparative Study of Teaching Media in Secondary School. Zurich: E-collection of The Swiss Federal Institute of Technology.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran: Mengenal, Merancang, dan Mempraktikannya. Jogjakarta: Diva Press.

Komariyah, Z., & Soeparno. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya. Kurikukulum dan Teknologi Pendidikan, 10(1), 66.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Cipta Gaung Persada Press.

Mursiti, S., & dkk. (2009). Pengaruh Penggunaan Ular Tangga Redoks Sebagai Media Chemo-Edutainment Bervisi Sets Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 458-462.

Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. In P. Fathurrohman, & S. Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami (p. 112). Bandung: PT Refika Aditama.

Rigasari, A., Prihandono, T., & Handayani, R. D. (2015, September). Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Disertai Media Kartu Remi Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 159-163.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siswati, H., Sunarno, W., & Suparmini. (2012). Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Diskusi dan Eksperimen Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuri, 1(2), 132-141.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (8 ed.). Jakarta: PT Indeks.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (-). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (2 ed.). Jakarta: Kencana.

Sofyan, A., Feronika, T., & Malama, B. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi (1 ed., Vol. 1). Jakarta: UIN Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R&D) (15 ed.). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2010). Psikolog Pendidikan (II ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfa, A. N. (2013). Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA/MA Kelas X Semester 1 Berdasarkan Standar Isi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wibowo, T. (2005, Juli). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, IV(4), -.

Wina, S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1497

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari