IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN

Ayu Dita Subroto(1*), Mohan Taufiq Mashuri(2), Okviyoandra Akhyar(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kemandirian belajar siswa sebelum dilakukan eksperimen (2) Mengetahui hasil dari implementasi permainan tradisional berbasis budaya lokal apakah dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian semu (Quasy Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini dua kelas yang diambil yakni kelas kontrol (XI IPA 1) sebanyak 33 orang siswa dan kelas eksperimen (XI IPA 2) sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dari hasil analisis data melalui perhitungan manual dengan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung 4,710 > ttabel 2,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin pada materi pokok koloid.

Kata Kunci


Permainan Tradisional, Budaya Lokal, Kemandirian Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriastuti, Y. D. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Semarang: UNNES.

Indah, P. H. (2015). Permainan Tradisional Ular Naga. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Qudsiyah, F. H. (2013). Implementasi Praktikum Aplikatif Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI. Semarang: UNNES.

Silberman, M. L. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (3rd ed.). Bandung: PT Nusamedia.

Steinberg, L. (2002). adolescene (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik:Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v1i1.1496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari