PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE BOOK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK SISWA KELAS X DI MA RAUDHATUSYSYUBBAN

Hartati Hartati(1), Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Fitria Rizkiana(3*)

(1) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin.
(2) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin.
(3) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan respon peserta didik terhadap media interactive book pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Instrumen pengumpul data berupa angket validasi media dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari validasi media dihitung menggunakan rumus indeks Aiken V dan data yang diperoleh dari peserta didik dihitung dengan cara mengalikan skor yang diperoleh dengan angka 4, kemudian dibagi dengan skor maksimumnya. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas X MA Raudhatusysyubban, 2 dosen program studi pendidikan kimia UNISKA dan 1 guru kimia MA Raudhatusysyubban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media interactive book berada pada kategori valid dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik sebagai pengguna. Dengan demikian, media interactive book ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Kata Kunci


Buku interaktif ∙ Larutan elektrolit dan nonelektrolit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, M., Alimin., & Munawwarah. (2020). An Interactive E-book Development based on Green Chemistry Study on Hydrocarbon. Journal of Physics: Conference Series, 1899, 1-7.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Remaja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Rachmawati, F., Kirana, T., & Widodo, W. (2017). Buku Ajar Interactive Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 19-29.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Treagust, D., Chittleborough, G., & Mamiala, T. (2003). The Role of Submicroscopic and Symbolic Representations in Chemical Explanation. Science Education, 25(11), 1353-1368.

Trisandi., & Fittriya, D. (2020). Pengembangan Buku Interaktif Chemistry for Kids Sebagai Inovasi Media Belajar Di Era Pendidikan 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan I, 191- 206.

Wu, H.K. (2003). Linking the Microscopic View of Chemistry to Real Life Experiences: Intertextuality in a High-School Science Classroom. Science Education, 87(3), 868-891.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i3.12692

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari