ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK
(1) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Prodi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Sari
Pada abad 21 ini kemampuan berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki terutama oleh siswa. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam-basa. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto yang meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 siswa dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal, angket, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data hasil penelitian menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Profil kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong sedang yaitu dengan rata-rata nilai 61. 2) Berdasarkan hasil uji SPSS One Way ANOVA nilai Sig. sebesar 0,746 > 0,05 disimpulkan bahwa rata-rata nilai berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar tersebut sama secara signifikansi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abubakar, Rifa’i. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.
Amry, Urwatil Wutsqo, Sri Rahayu, and Yahmin. (2017). “Analisis Miskonsepsi Asam Basa Pada Pembelajaran Konvensional Dan Dual Situated Learning Model (DSLM).” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian & Pengembangan (JPtpp) 2(3):385–91.
Anggy Giri Prawiyogi, Tia Latifatu Sadiah, Andri Purwanugraha, Popy Nur Elisa. (2021). “Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar.” Basicedu 5(1):446–52.
Ardhana, Ivan Ashif. (2020). “Dampak Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa Pada Topik Asam-Basa.” Hydrogen: Jurnal Pendidikan Kimia 8(1):1. doi: 10.33394/hjkk.v8i1.2545.
Arif, Dimas Sofri Fikri, Zaenuri, and Adi Nur Cahyono. (2019). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif Dan Google Classroom.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (2018):323–28.
Dhamayanti, Nuresty Wahyu, and Dhian Endahwuri. (2022). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4(3):249–59.
Herunata dkk. (2020). “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Indikator Memberikan Penjelasan Lebih Lanjut Materi Hidrokarbon.” Pembelajaran Kimia 5.1:47–58.
Hidayati, Rahmi, and Desy Kurniawati. (2021). “Pengembangan Soal Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa Dan Titrasi Asam Basa.” Entalpi Pendidikan Kimia 2(1):66–76. doi: 10.24036/epk.v2i1.135.
Indrayani, Putu. (2013). “Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, Dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA Serta Upaya Perbaikannya Dengan Pendekatan Mikroskopik.” Jurnal Pendidikan Sains 1(2):208–20.
Khoirunnisa, Fitriah, and Ardi Widhia Sabekti. (2020). “Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 4(1):26–31.
Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(2):155–58. doi: 10.17977/jptpp.v6i3.14579.
Melyana, Dewi., Masriani., and Rahmat Rasmawan. (2012). “Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Teori Asam Basa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing.”
Musaidah, Evadatul, Djoko Purnomo, and Rina Dwi Setyowati. (2020). “Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayung Tahun 2019/2020.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(5):382–90.
Ningsih, Egha Fitriyah. (2021). “Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajar.” KadikmA 12(1):34. doi: 10.19184/kdma.v12i1.22884.
Nugroho, Ngajudin, Fauzi Akbar, and Maulana Hutabarat. (2019). “Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan.” Ilmiah Simantek 3(1).
Nurasia. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa.” Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia 18(2):20. doi: 10.35580/chemica.v18i2.5891.
Nurbaeti dkk. (2015). “Hubungan Gaya Belajar Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah.” E-Jurnal Mitra Sains 3.2:24–33.
Purbaningrum, Kus Andini. (2017). “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 10(2):40–49. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2029.
Putri, Icha, Rhomiy Handican, and Rilla Gina Gunawan. (2022). “Griya Journal of Mathematics Education and Application Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Gaya Belajar.” Journal of Mathematics Education and Application 2(3):577.
Rifqiyana, L., Masrukan, and B. E. Susilo. (2016). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Unnes Journal of Mathematics Education 5(1):40–46.
Sappaile, Baso Intang. (2010). “Konsep Penelitian Ex-Post Facto.” Pendidikan Matematika 1(2):105–13.
Saputa, Hendrik, Arif Hidayat, and Munzill. (2016). “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 7 Pasuruan.” Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM 943–49.
Sekar, Puji Purnomo dan Maria. (2016). “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V.” Penelitian (Edisi Khusus PGSD) 20.2:151–57.
Setiana, Dafid Slamet, and Riawan Yudi Purwoko. (2020). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7(2):163–77. doi: 10.21831/jrpm.v7i2.34290.
Sianturi, Aprilita, Tetty Natalia Sipayung, and Frida Marta Argareta Simorangkir. (2018). “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(1):29–42. doi: 10.30738/.v6i1.2082.
Widarto. (2013). “Penelitian Ex Post Facto.” 1–8.
Windriani, B. N., and A. K. Jaelani. (2021). “Hubungan Gaya Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 5 Gunung Rajak Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3(2):1–7.
Yulita, Risma, and Muchlis. (2020). “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Asam Basa SMAN 3 Lamongan.” UNESA Journal of Chemical Education 9(2)(2):228–37.
Zuhroti, Brilian, Siti Marfu’ah, and Mohammad Sodiq Ibnu. (2018). “Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa.” J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) 3(2):44–49. doi: 10.17977/um026v3i22018p044.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i3.12256
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari