PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POSTER KELAS DAN POSTER KEGIATAN SISWA UNTUK MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SMA KORPRI BANJARMASIN

Muhammad Rasid Rida(1), Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2), Mohan Taufiq Mashuri(3), Antoni Pardede(4*)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Negeri Mataram
(4) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah media perbandingan poster kelas dan poster kegiatan siswa dapat memotivasi belajar siswa pada materi pokok minyak bumi kelas X SMA KORPRI Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasy eksperimen dengan desain non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket berupa pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan yaitu nilai rata-rata postest, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-gain. Hasil menunjukkan data uji terdistribusi normal dan homogen. Hipotesis menunjukkan thitung < ttabel (1.1450 < 2,0141), maka terjadi adanya perbedaan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan Ha diterima. Nilai rata-rata uji N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 0,132 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 0,129, berdasarkan data - data tersebut maka penggunaan kedua media poster dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen I dan II.


Kata Kunci


Poster kelas; Poster kegiatan siswa; motivasi belajar; minyak bumi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isnaini, A. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Akutansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta

Mussakir. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sisa kelas IV sekolah dasar Kabupaten tanah Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar

Sulistiyono, Y. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Poster berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semister 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS

Khotimah, K. (2013). Upaya Meningkatkan aktifitas Dan Pemanfaatan Media Poster Pada Pembelajaran Membatik Siswa Kelas I Di SMK MA’Arif 2 Sleman. Skripsi Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Oemar, H. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rochani, S. (2014). Penggunakan Pendekatan CTL di Lengkapi Media Poster untuk meningkatkan kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester gasal di SMA Negri 1 Jakanan kota Pati.Skripsi.Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Isna. (2017). Pengaruh Media Game Monopoly untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Minyak Pokok Minyak Bumi Kelas X SMA KORPRI .Skripsi Banjarmasin:Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

Sudjana, N., dan Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.11921

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari