ANALISIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEORI ATOM BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR SISWA SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN
(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini berfokus pada analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan bantuan video pembelajaran berbasis inkuiri terstruktur untuk meningkatkan keterampilan analisis tentang materi teori atom. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui kesesuaian LKPD pada materi struktur atom dengan kurikulum 2013 serta memahami tingkat kelayakan LKPD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Keefektifan LKPD dilihat menggunakan hasil nilai rata-rata dari posttest dan pretest. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Prambanan Sleman kelas X Mipa 2. Hasil penelitian dan pembahasan dapat dikatakan LKPD berbasis inkuiri terstruktur dikategorikan belum memenuhi standar kriteria dan tidak efektif karena dapat dilihat hasil post-test yang lebih rendah dari pada hasil pre-test dengan persentase ketuntasan siswa pada pre-test sebesar 100%, sedangkan pada post-test terjadi penurunan nilai yaitu sebanyak 23 siswa mendapat poin 80 dan 10 siswa mendapatkan poin 100 dengan rata-rata poin post-test siswa yaitu sebesar 86.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2022). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan.
Aryanthi, K. D., Suwatra, Ign. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 17(1). https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22215
A’yun, Q. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan Cri (Certainty Of Response Index). 12(1).
Dahlia, D., Panjaitan, R. L., & Djuanda, D. (2017). Penerapan Model Pembelaaran Inkuiri Pada MateriSifat-Sifat Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. 2(1).
Elcane, D. C. O., Purwanto, A., & Putri, D. H. (2021). Pengembangan Lkpd Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sma Di Kota Bengkulu. 1(1).
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN BOJONG 04. 3.
Mones, A. Y. (2020). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas Iv Melalui Penerapan Metode Praktek Dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik.
Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304
Ni’mah, M., & Widodo, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Berbantuan Virtual-Laboratory Phet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Listrik Dinamis. 10.
Nugroho, A. C. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). 2(2).
Pakpahan, M. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Kompetensi Dasar Mengolah Kue Indonesia. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 179–188. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.977
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Prayunisa, F. (2022). Analisa Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Kimia di SMAN 1 Masbagik. 4.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Rahmadhani, H. N., & Astriani, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Sistem Peredaran Darah. 10.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Septiarini, A., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS dan Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XII OTKP Semester Gasal di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 9–21. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p9-21
Siregar, W. P., Irawati, S., Jumiarni, D., Ahmad Saddam Husein, Irwandi Ansori, & Syarif Hidayat. (2023). Rancangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1–8. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.1-8
Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 212. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559
Susanty, H. (2022). Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1278
Syukri, A., Doktoral, P., & Jambi, U. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. 4(3).
Wardani, H. K. (2022). Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(1), 7. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12251
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i3.11647
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari