EFEK INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI KIMIA PADA TOPIK ASAM BASA BAGI SISWA SMA KELAS XI

Isnaini Rahmadhani(1*), Mohamad Agung Rokhimawan(2), Setia Rahmawan(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Sari


Model pembelajaran yang dapat secara aktif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model Inkuiri Terbimbing. untuk menganalisis pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia topik asam basa pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental dengan desain posttest-pretest, terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa adalah tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial menggunakan program SPSS 22. Hasil belajar siswa XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 memperoleh nilai rata-rata sebesar 79 dan 55. Dari analisis data pre-test dengan uji hipotesis Mann Whitney nilai Asymp. Sig. 0,398 > 0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan setelah diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kedua kelas sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.


Kata Kunci


Inkuiri terbimbing, hasil belajar, dan asam basa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar.

Cetingul, P. İ., & Geban, Ö. (2005). Understanding Of Acid-Base Concept By Using Conceptual Change Approach. H. U. Journal Of Education, 29, 69–74.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2),

–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Friesen, S., & Scott, D. (2013). Inquiry-Based Learning: A Review Of The Research Literature. Alberta Ministry Of Education, 32.

Furqani, D., Feranie, S., & Winarno, N. (2018). The Effect Of Predict-Observe-Explain (POE) Strategy On Students’ Conceptual Mastery And Critical Thinking In Learning Vibration And Wave. Journal Of Science Learning, 2(1), 1. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.12879

Hidayat, M. Y., & Nur, F. (2020). Analisis penentuan standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata

pelajaran Fisika Kelas XI SMAN 17 Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 74–81.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114.

Puspaningtyas, K. (2017). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis Dan Keterampilan Proses Sains. Indonesian Journal Of Science And Education, 1(1), 8–16.

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018). An Analysis Of Critical Thinking Skills Among Students Studying Chemistry Using Guided Inquiry Models. AIP Conference Proceedings, 2021(1), 80007.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific Literacy Of Students Learned Through Guided Inquiry. International Journal Of Research & Review, 4(5), 23–30.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 86–97.

Sheppard, K. (2006). High School Students’ Understanding Of Titrations And Related Acid-Base Phenomena. Chemistry Education Research And Practice, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.1039/b5rp90014j

Slameto, B. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Cetakan IV). Rineka Cipta.

Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal Of Physics And Science Learning, 2(1), 78–84.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Suryabrata, S. (1987). Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali.

Sutarno, E., & Mukhidin. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.

Zakiyah, Z., Ibnu, S., & Subandi, S. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119–134.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.11616

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari