KONDISI PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PADA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Astri Fadilah(1), Munasprianto Ramli(2*), Luki Yunita(3)

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada adaptasi kebiasaan baru, membandingkan nilai rata-rata berdasarkan angkatan, jenis kelamin, aktivitas kerja dan aktivitas organisasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket secara online Google Form yang diadopsi dari Academic Procrastination Scale (APS) Mccloskey dan Scielzo. Data penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Kimia pada adaptasi kebiasaan baru umumnya berada pada kategori sedang, yaitu sebesar 61% dengan aspek gangguan perhatian sebagai aspek yang paling mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik. Mahasiswa angkatan 2021 memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa angkatan 2019 dan 2020. Mahasiswa berjenis kelamin laki-laki  memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan mahasiswi. Mahasiswa yang bekerja memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak bekerja dan mahasiswa yang berorganisasi memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak berorganisasi.


Kata Kunci


Prokrastinasi, Mahasiswa, Kebiasaan Baru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriani, F., & Tiandho, Y. (2021). Edukasi Masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru Guna Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 di Desa Penyak. Harma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 1(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.33019/depati.v1i1.2285

Basith, A., Rahman, M. S., & Moseki, U. R. (2021). College Students’ Academic Procrastination during the Covid-19 Pandemic: Focusing on Academic Achievement. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 6(3), 112–120. https://doi.org/10.17977/um001v6i32021p112-120

Fauziah, H. H. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6

Imania, H., Latifah, M., & Yuliati, L. N. (2022). Kecemasan, Efikasi Diri Akademik, Motivasi Belajar: Analisis Jenis Kelamin pada Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(3), 251–263. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.3.251

Inayah, D. N., Daud, M., & Nur, H. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota makassar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 266–273. https://journal-nusantara.com/index.php/PESHUM/article/view/1391

Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih, S. (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3), 278. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292

Labiro, C. S., & Kusumiati, R. Y. E. (2022). Hubungan Antara Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 590–598. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.354

Mccloskey, J., & Scielzo, S. A. (2015). Finally!: The Development and Validation of the Academic Procrastination Scale. 1–43. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23164.64640

Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 11–20.

Riski, Sukirno, A., & Ramanda, P. (2022). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(2), 111–117. https://doi.org/10.30653/001.202262.198

Safitri, R. I., & Dewi, D. kusuma. (2020). Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau dari Tahun Angkatan pada Mahasiswa Fakultas X. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 32–42.

Sartika, H. S., & Nila Nirbita, B. (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Calon Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(2), 104–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jep.v18i2.43429

Sihati, A., Kistoro, H. C. A., & Habiba, I. S. S. (2022). Dampak Learning Loss terhadap Psikososial Mahasiswa Saat dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 203–222. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/mmt.v11i2.163

Suhadianto, & Ananta, A. (2022). Bagaimana prokrastinasi akademik mahasiswa indonesia pada masa pandemi covid-19?: pengujian deskriptif dan komparatif. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 71–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30996/sukma.v3i1.6955

Suparman, Sultinah, A. S., Supriyadi, Achmad, A. D., Nurjan, S., Sunedi, Muhandis, J., & Sutoyo, D. A. (2020). Dinamika Psikologi dalam Pendidikan Islam. Wade Publish.

Widayati, A., Wijoyo, Y., Christasani, P. D., & Hartayu, T. S. (2021). Edukasi Protokol Kesehatan di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan di Provinsi D.I. Yogyakarta. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 423–428. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35194

Zuraida, & Zuraidah. (2018). Hubungan Adversity Quotient dengan Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa yang Bekerja di PTS Universitas Potensi Utama. Kognisi Jurnal, 2(2), 136–147. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.2.2018.136-147




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.11078

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari