ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA KIMIA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA PADA PRAKTIKUM KIMIA ANORGANIK DARI RUMAH
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
Sari
Keterampilan abad ke-21 perlu dilatih agar mahasiswa mampu menghadapi tantangan zaman, salah satunya dengan mengembangkan keterampilan proses sains yang didukung dengan salah satu aspek penilaian dalam taksonomi bloom, yakni keterampilan. Salah satunya, pengembangan keterampilan melalui kegiatan praktikum dilakukan di rumah dengan alat dan bahan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa kimia semester tiga yang berjumlah 62 orang dengan instrumen lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan KPS mahasiswa berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata 72%. Analisis KPS pada kelas A, B, dan C, memiliki rata-rata persentase sebesar 75%, 69%, dan 71% dengan kategori baik. Analisis berdasarkan kemampuan kognitif menunjukkan persentase rata-rata mahasiswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah sebesar 72%, 71%, dan 73% dengan kategori baik. Analisis KPS berdasarkan gender menunjukkan persentase mahasiswa laki-laki dan perempuan 72% dengan kategori baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adilla, R., Utami, L., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., & Basa, I. A. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Virtual Laboratory Physics Education Technology (PhET). 4(1), 50– 65. https://doi.org/10.25299/jrec.2022.vol4(1). 9348
Amnie, E., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2020). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung.
Anisah, S., Subiki, S., & Supriadi, B. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Edukasi, 5(1), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.7582
Danianty, N., & Sari, P. M. (2022). Hubungan literasi Sains dengan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 1007. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.89
Effendi, E., Rosa Sinensis, A., Widayanti, W., & Firdaus, T. (2021). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda pada Mata Kuliah Optika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(1), 21–26. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i1.1000
Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Bukupembelajaran-Sains.Pdf. In Pembelajaran Sains.
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22.
Khairunnisa, K., Ita, I., & Istiqamah, I. (2020). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.785
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A.,
& Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.
Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 187–193.
Muhiri, T. M. D. dan. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada Mata Kuliah Konsep Biologi.
Murni, M. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dan Rancangan Pembelajaran Untuk Melatihkannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 118. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4460
Purwanto, N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman (ed.); Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
Rustaman, N. Y. (2007). Belajar IPA Melalui Keterampilan Proses Sains (KPS). 23.
Saputri, N., Adlim, A., & Inda Rahmayani, R. F. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Untuk Praktikum Kimia Dasar. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 114–124. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444
Septikasari, Resti., Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Cetakan ke). PT Bumi Aksara. Sumaryani, N. P., & Parmithi, N. N. (2021). Pemberdayaan Keterampilan Proses Sains Biologi dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, XI(2), 280–286.
Wahyuni Salosso, S., Nurlaili, & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.280
Widdina, S., Rochintaniawati, D., & Rusyati, L. (2018). The Profile of Students’ Science Process Skill in Learning Human Muscle Tissue Experiment at Secondary School. Journal of Science Learning, 1(2), 53. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i2.10146
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. PENSA E JURNAL: Pendidikan Sains, 9(3), 378–385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.10734
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari