HUBUNGAN STUDENT BURNOUT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA SELAMA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN
(1) UIN Syarif Hidayatullah
(2) UIN Syarif Hidayatullah
(3) UIN Syarif Hidayatullah
(*) Corresponding Author
Sari
Pembelajaran dalam jaringan menjadikan mahasiswa mengalami kelelahan dan kurang memiliki inisiatif mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan belajar. Hal ini mengakibatkan mahasiswa melakukan tindakan penundaan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara student burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran dalam jaringan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2019, 2020, dan 2021 di Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang berjumlah 206 mahasiswa. Instrumen yang dipakai berupa angket student burnout dan angket prokrastinasi akademik. Teknik uji korelasi dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara student burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Kimia selama pembelajaran dalam jaringan dengan derajat hubungan adalah korelasi kuat, menggambarkan bahwa semakin tinggi tingkat student burnout yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi kecenderungan mahasiswa dalam melakukan tindakan prokrastinasi akademik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, J. A., Padillah, R., & Prasetyo, F. W. (2022). Hubungan Antara Burnout Terhadap Academic Procrastination (Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi). Bimbingan Dan Konseling Banyuwangi, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.36526/
Al-Idrus, S. W., Muti’ah, M., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM. PENSA, 3(1), 139–148.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 11.
Didin, F. S., Mardiono, I., & Yanuarso, H. D. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. Opsi, 13(1), 54. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3501
Farkhah, S. B., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh Academic Burnout Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 49–50. https://doi.org/10.13140/Rg.2.2.23164.64640.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance Theory, Research, and Treatment (C. R. Synder (ed.); 1st ed.). Plenum Press. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6
Ghufron, N. M., & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Junaedi, E. (2020). Pembelajaran Melalui Online Atau Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. Jurnal Horizon Pedagogia, 81.
Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnoutpada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 212. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00
Maslach, C., & Leiter, M. P. (1997). The truth about burnout: How organizations cause personal stress and what to do about it. In Jossey-Bass (1st ed.).
McCloskey, J. D. (2011). Finally, My Thesis on Academic Procrastination (Issue December). The University of Texas at Arlington.
Palagan, G. P., Fisher, B., & Darto. (2018). Analisis Data Statistik Menggunakan SPSS (Z. Ramadhan (ed.)). UM Jakarta Press.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid 19. ’Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 53.
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Riduwan (ed.)). Alfabeta.
Rizkyani, A. M., Feronika, T., & Saridewi, N. (2020). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Edusains, 12(2), 252–258. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.18175
Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar dalam Jaringan dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 8–17.
Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Academic Burnout Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nusantara of Research, 8(2), 104–119. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/nor.v8i2.16048
Schaufeli, W., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and Engagement in University Students: A cross-National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003
Septiani, R., Presilawati, F., Ilzana, T. M., & Musnadi, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Aceh. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 72.
Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Hubungan Academic Burnout dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa STIKES Santa Elisabeth Medan. Jurnal Pendidikan, 12(2), 96–108.
Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis Tingkat Kelelahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemik Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154. Retrieved from https://doi.org/10.30742/jikw.v10i2.1446
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. In Sutopo (Ed.), Statistika untuk Penelitian (2nd ed.). Alfabeta.
Zulfahmi, & Handayani, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkulia18han dan Praktikum Kimia Dasar Jurusan Farmasi Universitas Ubudiah Indonesia. Journal of Education Science, 6(1), 86–95.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.10625
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari