Pengaruh Kemampuan Manajemen Terhadap Kinerja Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan di Provinsi Kalimantan Selatan

Maskur Maskur(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Krisis ekonomi yang terjadi di negara Indonesia sejak beberapa waktu yang lalu, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya. Sektor Industri Kecil Menengah {IKM} terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada IKM. Penempatan IKM pada posisi sangat strategis tersebut karena IKM dianggap dapat memenuhi kebutuhan untuk mendiversifikasi perekonomian nasional agar dapat melindunginya terhadap fluktuasi dan kresisi ekonomi. Kemampuan manajemen sangatlah penting dalam industri kecil, menengah dan industri besar, dimana masing-masing memerlukan kegiatan manajemen untuk melakukan koordinasi dalam kemampuan atau skill yang dimiliki pekerja maupun koodinasi sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan.  Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menjelaskan pengaruh kemampuan manajemen terhadap kinerja Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan di Provinsi Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif (positivism), karena data yang diperoleh dari hasil survey dalam bentuk angka atau bilangan yang selanjutnya dianalisis menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan dan menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan manajemen berpengaruh signifikan secara langsung yang bersifat positif terhadap Kinerja IKM. Hasil GeSCA diperoleh koefisien jalur sebesar 0,029* dan CR = 4.28* (signifikan) bertanda positif.. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan manajemen yang dimiliki oleh pemilik IKM sasirangan dapat meningkatkan kinerja IKM.

Kata Kunci


Industri Kecil Menegah (IKM), manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akgun, Ali E., Halit Keskin and John Byrne. 2008. “The Moderating Role of Environmental Dynamism Between Firm Emotional Capability and Performance”, Journal of Organizational Change Management, Vol. 21, No. 2, Emerald Group Publishing Limited organizational capabilities or competencies, pp. 230-252.

Altinay, Levent and Wang, Catherine L. 2011. “The Influence of an Entrepreneur’s Socio-cultural Characteristics on The Entrepreneurial Orientation of Small Firms”, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 18, No. 4, Emerald Group Publishing Limited, pp. 673-694.

Anshoff, I. 1990. The New Corporate Strategy, McGraw-Hill, New York.

Chi, Kuang Hsin, Huery Ren Yeh, and Yu Ling Chen. 2011. “The Mediating Effect of Knowledge Management on Customer Orientation and Job Performance of Sales people”.

Cresswell, John W., 2009, Reseach Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methode Approaches. Third Edition, Sage Publication Inc., California.

Daft, Richard L., 2006, Management, Cenggage Learning Asia Pte, Singapore

Dani, Ibrahim, Idrus, M.S., Nimran, Umar, Sudiro, Achmad, 2013. “Business Strategy Role as Mediation of Management Capability and Orientation of Entrepreneurship on Business Performance (A Study on Micro and Small Scale Seaweed Business in Takalar District, South Sulawesi Province). Journal of Management Reseach ISSN 1941-899x, Vol.5, No.1

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, 2015, Daftar Sentra Industri Kerajinan Sasirangan Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2013 – 2014

Edward, M. 1994, Non Govermental Organizations : Performance and Accountability-Beyond the Magic Bullet, Earthscan, London

Fening, Fred Appiah. 2012, “Impact of Quality Management Practices on the Performance and Growth of Small and Medium Sized Enterprises (Smes) in Ghana”, International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 13; July 2012.

Hsu, Shu Hung, 2012. “Effects of Competitive Strategy, Knowledge Management and E-Business Adoption on Performance”. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 8, Num. 2.

Kaballu, O.U., dan Kameo, D.D. 2001. “Strategi Bertahan Usaha Kecil Dalam Menghadapi Krisis Ekonomi (Studi Industri Kecil Konveksi di Salatiga)”, Dian Ekonomi, VII (2), September 2001: 191 - 205

Man, Mandy Mok Kim and Wafa Syed Azizi. 2008. “The Relationship Between Distinctive Capabilities, Innovativeness, Strategy Types and the Performance of Small and Medium: Size Enterprises (SMEs) on Malaysian Manufacturing Sector”, The Journal of American Academy of Business vol.13.

Peters, R.D., 1998. Entrepreneurship, Fourth Editon, McGraw Hill Companies, Inc, New York

Price, Robert W., 2004. Roadmap to Entrepreneurial Success: Powerful.

Storey, D.J., 1994, Undestanding The Small Business Sector, London, Routledge. Strategies for Building a High-Profit Business, Publishing: AMACOM

Suci, Rahayu Puji, 2009, Peningkatan Kinerja melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.11, No.1, Maret 2009, 46-58

Tidd, J., Bessant, J. and Pavitt, K., 1998, Managing Innovation- Integrating Technological, Market and Organizational Change, Hohn wiley and Sons, Chichester

Usric, Dusko and Mulej, Matjaz, 2005. “Theory and Practice of management Concepts: Slovania’s Experiences. The Journal of Management Development; ABI/INFORM Complete, pg. 856.

Wai, Peng Wong and Kuan, Yew Wong, 2011. “Supply Chain Management, Knowledge Management Capability, and Their Linkages Towards Firm Performance”, Business Process Management Journal, vol 17, Num 6, Emerald Group Publishing Limited, pp.910-964.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v4i2.971

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.