PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DILLA JAIDI TERHADAP CITRA MEREK PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019)

Yesi Andriani(1*), Vera Wijayanti Sutjipto(2), Nada Arina Romli(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Celebrity endorser menjadi salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan cara menggunakan tokoh terkenal sebagai tokoh pendukung maupun penunjang dalam rangka menarik perhatian audiens. selain itu, celebrity endorser digunakan untuk membentuk citra merek suatu produk.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh celebrity endorser Dilla Jaidi terhadap citra merek produk Somethinc pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019.

Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kauntitatif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara celebrity endorser Dilla Jaidi terhadap citra merek produk Somethinc. Celebrity endorser yang menarik dan memiliki keunikan dipercaya dapat meningkatkan citra merek pada brand itu sendiri. Maka dalam penelitian ini celebrity endorser Dilla Jaidi dapat meningkatkan citra merek produk Somethinc.


Kata Kunci


Celebrity Endorser, Citra Merek, Komunikasi Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, Y., & Putri, K. Y. S. (2021). Pengaruh Situs Berita Online Detik.com Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNJ Angkatan 2019. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 02(1), 232–240. Retrieved from https://journal.unbara.ac.id/index.php/JKB/article/view/788

Bajari, A. (2018). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cholifah, N., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 170–177.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Jakarta: Guepedia.

Jemadu, L. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 juta per 2022. Retrieved November 21, 2022, from Suara.com website: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022%0A

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In Pearson (Seventeent). New York City: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (15e Global, Vol. 22). New York City: Pearson Education Limited.

Lubis, D. I. D., & Rahmat, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. Retrieved from http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Approach. 6th edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Mariezka, F. I., Hafiar, H., & Yustikasari, Y. (2018). Pemaknaan Profesi Beauty Vlogger Melalui Pengalaman Komunikasi. Nyimak: Journal of Communication, 2(2), 95. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.920

Paramesti, S. A., C, Q. N., & Martha, L. P. (2018). Pengaruh Model Iklan Terhadap Citra Merek Produk Pond’s. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(1), 43–52.

Putri, K. Y. S, dan Zulhamri, Dini, Lipur, A. (2020). Framing of Health Communication on Content Islamic Religious Education in New Media. Indonesia Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(2), 189–203.

Rakhamayanti, I. (2022). Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? Retrieved November 21, 2022, from CNBC Indonesia. website: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022#:~:text=Sedangkan data terbaru APJII%2C tahun,juta pengguna internet di Indonesia

Shimp, T. A. (2010). Advertising Promotion, and Other Aspect of Integrated Marketing Communications (Edisi 8). South-Western: College Publication.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (Edisi 8). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Siagian, D. dan S. (2006). Metode Statistika: Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.