PERANAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA

Hasbi Kamarullah(1*), Anthonius J. Karsudjono(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Fenomena-fenomena masalah yang berpengaruh dalam kinerja, yaitu kemampuan dalam berinovasi, kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan dalam melakukan inisiatif, dan kemampuan dalam memimpin. Pada SDN Sungai Paring 2 di temukan dari observasi pendahuluan melalui PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan Raport Mutu Pendidikan Tahun 2021, masih terdapat Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang minimnya kemampuan-kemampuan menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan hasil evaluasi Kepala Sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat, dan mengetahui upaya yang dilakukan di tinjau dari segi motivasi untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan dilakukan secara langsung di lapangan dengan melalui observasi dan data primer serta data sekunder. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara langsung terhadap 12 orang responden. Kemudian dikelompokkan kategori dan  indikator-indikator keterkaitan bagaimana peran motivasi, faktor yang mendukung dan menghambat, dan bagaimana upayanya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan motivasi dalam meningkatkan kinerja, dan mengetahui faktor mendukung dan menghambat motivasi kinerja. Dapat diketahui upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan pada SDN Sungai Paring 2 Martapura.


Kata Kunci


Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Manajemen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, Panji. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta

Armstrong, M. and Baron, A. (1998). Performance Management – The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.

Dessler, Gary, (2011). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Indeks, Jakarta.

Dessler, Gary., (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid I. Edisi 10. Penerbit PT Indeks: Jakarta.

Handoko, T. Hani. (2011). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hartawan. Aan.H (2020). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah, 3 (2), 386-393

Hasibuan, Malayu (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Lazer, R dan Kistrom, W. (1977). Appraising Managerial Performance Conference Board.

Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mangkunegara .A. A.P (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung.

Mangkunegara, A. A.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mangkunegara, A. A.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

McClelland, D.C (1961). The Achieving Society, Prin-ceton, NJ; Van Nostrand

Moeheriono. (2012). “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mondy R. W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Mulyasa.A. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta.

Satori .D. dan Komariah. A.(2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alberta.

Satori dan Komariah. A.(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. II; Bandung: Al-Fabeta.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunarto, Kamanto. (2004). Pengantar Sosiologi (edisi ketiga). Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.8042

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.