Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Debt Equity Ratio (DER) Terhadap Economic Value Added (EVA) (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Aris Setia Noor(1*), Andi Ratna Sari Dewi(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author

Sari


Perusahaan ingin mengetahui apakah kinerja keuangannya baik dengan melihat nilai tambah ekonomis perusahaan ( Economic Value Added) untuk memenuhi harapan investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Total Assets Turnover ( TATO ) Dan Debt Equity Ratio ( DER ) berpengaruh baik secara simultan maupun parsial Terhadap Economic Value Added ( EVA ). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh Pojok Bursa Efek Indonesia dan laporan tahunan emiten. Periode observasi yang digunakan yaitu selama 5 tahun dari 2016 hingga tahun 2020. Sampel pada penelitian ini terdiri dari enam perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan uji ANOVA ( uji F ) dan uji t dengan bantuan software SPSS versi 28. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara simultan kedua variabel independen yaitu Total Assets Turnover ( TATO ) Dan Debt Equity Ratio ( DER ) berpengaruh Terhadap Economic Value Added ( EVA ). Secara parsial, hanya Debt Equity Ratio ( DER ) yang berpengaruh terhadap Economic Value Added ( EVA )

Kata Kunci


Total Assets Turnover ( TATO ); Debt Equity Ratio ( DER ); Economic Value Added ( EVA ).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agnes Sawir, 2015, Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan ketiga, Gramedia, Jakarta

Amin Widjaja Tunggal, 2008, Economic Value Added ( EVA ) : Teori, Soal, dan Kasus. Ashoka Indonesia, Jakarta

Bambang Riyanto, 2012, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat Cetakan Ketujuh, BPFE, Yogyakarta

Cornelius Trihendradi, 2012, Step By Step SPSS 19 Analisis Data Statistik, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ikatan Akuntan Indonesia, 2018, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta.

Imam Ghozali, 2014, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jogiyanto, 2013, Teori Portofolio dan Analisa Investasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Johar Arifin, 2009, Analisis Laporan Keuangan Berbasis Komputer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, 2016, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Sari, Vironika, 2014. “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turnover dan Assets Turnover terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade yang Terdaftar di BEI Tahun 110 2009-2012”.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Bali.

Sekuritas, J. (2018). PENGARUH CURRENT RATIO ( CR ), TOTAL ASSET TURNOVER ( TATO ), DEBT TO EQUITY RATIO ( DER ) DAN RETURN ON ASSET ( ROA ) TERHADAP HARGA SAHAM DAN DAMPAKNYA PADA, 1(1), 70–83.

Setiawan, Elyas, 2015. “pengaruh Current Ratio, Inventory Turnover, Debt to Equity Ratio,Ttotal Asset Turnover, Sales, dan Firm Size terhadap ROA Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2013”. Jurnal. Fakultas Akuntansi.

Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Terdaftar, Y., Bursa, D. I., Indonesia, E., & Halim, A. (2016). No Title, 23(2), 124– 141.

Suad Husnan, 2017, Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan Kedelapan , CV Alfabeta, Bandung.

Van Horne, James C dan John M. Wachowicz , 2012, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Terjemahan , Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary, Buku 1,Edisi 13, Salemba Empat, Jakarta.

Warsono, 2012, Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi ke 3 jilid 1, Banyumedia Publishing, Malang.

Young, S David , dan Stephen. F.O’ Bryne, 2002, EVA dan Manajemen Berdasarkan Nilai, Terjemahan Lusy Widjaja, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta. www.idx.co.id

Zaki Baridwan , 2008, Intermediate Accounting, Edisi 8, BPFE, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.7760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.