PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN
(1) STIEPAN BANJARMASIN
(*) Corresponding Author
Sari
Dampak penyebaran virus Covid19 pada dunia pendidikan menuntut para pendidik dan peserta didik untuk mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sistem pembelajaran yang semula berbasis pada tatap muka secara langsung di kelas, harus digantikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi melalui jaringan internet secara virtual (online learning). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring dan Pemahaman Materi Mata Kuliah. Selain itu juga memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Proses Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Materi Mata Kuliah STIE Pancasetia Banjarmasin.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data hasil kuisioner dari responden akan dianalisa menggunakan teknik Partial Least Square (PLS). Adapun alasan pemilihan menggunakan metode PLS ini adalah disesuaikan dengan tujuan penelitian ini yaitu selain untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variable dependen juga ada pengujian peran mediasi atau variabel intervening. Hasil penelitian diperoleh. Persepsi Mahasiswa berpengaruh secara langsung terhadap Pemahaman Materi. Yang artinya Persepsi Mahasiswa yang baik dapat menjadikan Proses Pembelajaran Daring semakin efektif dan efesien. Persepsi Mahasiswa berpengaruh secara langsung terhadap Pemahaman Materi Mata Kuliah STIE Pancasetia Banjarmasin. Yang artinya seorang Mahasiswa yang mempunyai persepsi positif dan baik dapat meningkatakan Pemahaman Materi di dalam perkuliahan. Proses Pembelajaran Daring berpengaruh secara langsung terhadap Pemahaman Materi, yang artinya proses belajar secara online yang dilakukan dengan baik, maka pemahaman materi juga akan meningkat pemahaman. Adanya mediasi atau intervening antara Persepsi Mahasiswa terhadap Pemahaman Materi melalui Proses Pembelajaran Daring
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Z., & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 No.1, 64 – 70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Anhusadar, L. ode. (2020). Persepsi Mahasiswa Piaud Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece .v3i1.9609
Albitar Septian, 2020, Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing
Fremaditiya, Tondy. 2012. Pengaruh Pemenfaatan Media E-Learning dan Lingkungan Belajar Terhadap Kreatifitas Siswa di SDN Gamping. Yogyakarta: UNY.Skripsi dipublikasikan
Hilnia Putri, dkk, 2020, Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Dosen Sekolah Dasar
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. https://covid19.go.id/. Diakses padatanggal 8 Agustus 2021 Komang Trisnadewi, dkk, 2020, Perspektif Pendidikan, Yayasan Kita
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perdosenan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301
Nabilatul Fiqrah Mahbub (2020, Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Selama Pandemi Covid-19
Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Dosen SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Dosen tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Dosen. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710
Saadi, Fransiska, 2013, “Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho”, Artikel Penelitian; Fakultas Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak
Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102– 109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637
Saputra, M. Hadi. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Berita Online Jejamo.Com
Sebagai Sumber Informasi Seputar Lampung. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Seifert, Kelvin (2007). Manajemen Pembelajaran dan Instruksi, Jogjakarta: ITCiSoD, hal: 113-117
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Student Perception Of
Calculus During Online Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1).
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran
Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i 1.1981
Zakiyatul Masriah, 2018, Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Di Perdosenan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih Jurusan
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.6475
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.