Strategi Pembentukan Customer Engagement Akun @ Kamargadget Melalui Campaign Team Han Ji Pyeong

Vanessya Berliana Nur Oktaviani(1*), Itca Istia Wahyuni(2)

(1) 
(2) Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Sari


Konten yang menarik pada media sosial instagram dapat membangun customer engagement, salah satunya ialah konten yang diunggah oleh Kamar Gadget pada campaign Team Han Ji Pyeong.  Kamar Gadget memiliki engagement tertinggi diantara kompetitornya. Penelitian ini menjelaskan strategi pembentukan customer engagement Kamar Gadget melalui campaign Team Han Ji Pyeong pada media sosial instagram dengan menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara serta observasi dengan paradigma konstruktivis. Konsep teori yang digunakan ialah customer engagement. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam perencanaannya Kamar Gadget memperhatikan faktor internal dan eksternal. Lalu, pada implementasinya Kamar Gadget fokus membangun online present. Kemudian, dalam evaluasinya Kamar Gadget memperhatikan insights keseluruhan konten yang diunggah kedalam campaign Team Han Ji Pyeong.

Kata Kunci


Customer Engagement, Campaign, Media Sosial, Instagram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brodie, RJ, L. Hollebeek, B. Juric, and A. Ilic. 2011. “Customer Engagement: Conceptual Domain, Fundamental Propositions, and Implications for Researcht: Conceptual Domain, Fundamental Propositions, and Implications for Research.” Journal of Research 14(3).

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fleet, Dave. 2012. Strategic Communication. San Fransisco: Creative Commons.

Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. 21st ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rossa, Vania, and Luthfi Khairul Fikri. 2020. “Tren Belanja Online Meningkat, Kategori Apa Yang Paling Laris?” Suara.Com. Retrieved (https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/25/132513/tren-belanja-online-meningkat-kategori-apa-yang-paling-laris).

Strauss, Judy, and Raymond Frost. 2014. E-Marketing. 7th ed. New Jearsey: Pearson Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.6332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.