PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT.BARA PRIMA PRATAMA DI DESA BATU AMPAR INDRAGIRI HILIR RIAU

Nanda Syukerti(1*), Ida Nuraini Dewi Kodrat Ningsih(2), Lovia Evanne(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Program corporate social responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk mundukung pembangunan berkelanjutan. Selain itu juga sebagai bentuk keterlibatan perusahaan dalam keberlangsungan kehidupan masyarakat disekitarnya, baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan, keagamaan, sosial dan budaya, serta lingkungan masyarakat. Kurangnya kesadaran perusahaan terhadap tanggung jawab sosialnya membuat perusahaan itu dipandang negatif bahkan bisa menimbulkan konflik bagi perusahaan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan PT Bara Prima Pratama di desa Batu Ampar Kabupaten Indragiri Hilir.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian non hepotesis. Sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara dan juga observasi/pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa bidang program yang dilaksanakan PT. Bara Prima Pratama berdasarkan survey need assessment dan hasil musyawaroh antara lain di bidang pendidikan; Dana bantuan kepada siswa, pembangunan PAUD dan MDTA. Pada bidang kesehatan Dana bantuan untuk posyandu, bidang keagamaan bantuan Dana untuk kegiatan hari besar Islam dan pembangunan masjid Al-Muttaqin. Program CSR PT Bara Prima Pratama di Desa Batu Ampar sudah dilakukan untuk masyarakat, walaupun program CSR yang dilakukan perusahaan belum dirasakan secara merata oleh masyarakat yang ada di desa Batu Ampar.


Kata Kunci


Komunikasi, corporate social responsibility (CSR), PT Bara Prima Pratama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cholid, Narbuko. Abu Achmadi. 2002.”Metodelogi penelitian”.Jakarta: Bumi Aksara.

Elkington, John (1998), Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business, Gabriola Island, BC: New Society Publishers

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu antropologi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: serba ada serba makna. Jakarta. Kencana

Lovia, Evanne. 2021. Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Banjarmasin, Al Kalam: Uniska

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) tanggungjawab sosial korporasi. Alfabeta.

Milles, M. B., A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2006.Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi (2003): Pengelolan Program Corporate Social Responsibility: Pendekatan, Keberpihakan dan Keberlanjutannya. Center for Populaton Studies, UGM

Prof. Dr. Ir. Mardikanto, Totok. M.S. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) tanggungjawab sosial korporasi. Alfabeta. Bandung.

Prajarto, Nunung. 2012. CSR Indonesia (Sinergi Pemerintah, Perusahaan, dan Publik)

Rudito, Banbang. 2013. CSR (Corporate Sosial Responsibility). Rekayasa Sains. Bandung.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta. Bandung.

Urip, Sri. 2014. Strategi CSR Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan di Pasar Negara Berkembang. Literati. Tangerang Selatan.

Untung, Budi. 2014. CSR dalam Dunia Bisnis. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Werner, J. Serverin and Jemes, W. Tankard, Jr. 2008. Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

West, Richard.Turner, Lynn H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wood, Julia T. 2012. Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.5391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.