STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DALAM PENYEBARAN INFORMASI PENGELOLAAN SAMPAH SUNGAI CIDURIAN SELATAN KOTA BANDUNG
(1) Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain Universitas ARS Bandung
(2) Fakultas Ilmu Komunikasi dan Desain Universitas ARS Bandung
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini membahas mengenai startegi komunikasi pemerintah kota Bandung dalam penyebaran informasi penglolaan sampah sungai citarum, termasuk di dalamnya ada sungai cidurian selatan yang menjadi jalur ke sungai citarum tersebut. Dalam hal ini, pemerintah memberikan informasi program citarum harum yang berupa program untuk pengelolaan di sekitaran sungai tersebut. Pesan atau informasi ini berupa himbauan kepada masyarakat sekitaran sungai cidurian selatan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tahap-tahap strategi komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk ditujukan kepada masyarakat sekitaran sungai cidurian. Metode yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pemerintah selaku komunikator menyampaikan pesan yang berisi edukasi dan informasi melalui kegiatan Citarum bergetar. Media yang dipakai dalam strategi komunikasi adalah media cetak surat formal, poster dan spanduk. Sasaran dalam kegiatan Citarum harum ini adalah masyarakat Cidurian selatan, kegiatan Citarum harum bedampak cukup baik terhadap kebersihan sungai.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arfindy Sri Nur. (2013). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Prima Hotel Horizon Bekasi
Terhadap Jumlah Pengunjung. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Dobiki, J. (2018). Analisa Ketersediaan Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan
Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Spasial, 5, 220–228. Gunawan, I. (2016). Kualitatif Imam Gunawan. Pendidikan, 27.
Hartono, R. (2008). Penanganan & Pengolahan Sampah. Niaga Swadaya.
Iqbal Donny. (2018). Citarum Harum, Langkah Optimis Pemerintah Pulihkan Kejayaan
Sungai Citarum. Www.Mongabay.Co.Id.
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response
Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan,
(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65
Masnidar, & , Dr. Mahyuzar, Drs, M. S. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh Dalam Menyebarkan Informasi Penanggulangan Sampah Pada Masyarakat Kota Banda. 3(1), 1–14.
Nasrul. (2017). Penggunaan Media Dalam Mengimformasikan Program Pembangunan Pada Humas Sekretariat Daerah Kota Kendari. Uho, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pangesti, L. A. (2019). Strategi Komunikasi Divisi Publik Relations PLN Distribusi Jawa
Barat Dalam Sosialisasi Subsidi Listrik Tepat Ssasaran. Journal of Chemical
Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pikiran rakyat. (2020). Citarum Harum dan Kesadaran Masyarakat yang Mulai Tumbuh. Www.Pikiran-Rakyat.Com.
Ruslan, R. (2000). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT. Raja Grafindo Persada. Salim, R. F., Studi, P., Komunikasi, I., Universitas, F., & No, J. K. (2019).
Strategi Komunikasi Kepala Unit Pasar Dalam Pengelolaan Sampah Di Pasar Induk
Gedebage Bandung. Ilmu Komunikasi, 6(2), 110–117.
Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian
Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2). https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v8i2.5296
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.