MANAJEMEN PRODUKSI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KOMEDI BAELANG (Studi Kasus di LPP TVRI Kalimantan Timur)

Fredy Masahengke(1*)

(1) Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Kaltim
(*) Corresponding Author

Sari


This research shows the role of management, communication and producer in the production of television programs, especially the comedy program Baelang in planning, organizing, implementing and evaluating and organizing the production of Comedy Baelang program in TVRI East Kalimantan. This research is qualitative and the data obtained in accordance with the subjects and research objects. The research was conducted by direct involvement method, observation and interview which was done unstructured in informal atmosphere.


Kata Kunci


Management, Communication and Producer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia

Arifin, Rois dan Helmi Muhammad. 2016. Pengantar manajemen. Malanng : Empatdua

Baksin, Askurifai. 2013. Jurnalis Televisi : Teori dan Praktek.Bandung : Rosda Karya

Banjari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi : Prosedur, Tren, dan Etika.Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Cangara Hafied. 2016. Pengantar ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Djamal, Hidajanto. 2017. TVPrograming: Sebagai Satu Kesisteman untuk Meraih Jumlah audiens secara Obtimal. Jakarta : Kencana

Djamal, Hidajanto dan Andi Fachruddin. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Kencana

Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar produksi Televisi. Jakarta: Kencana

Fachruddin, Andi. 2016. Manajemen Pertelevisian Modern. Yogyakarta: Andi Offset

Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi.Yogyakarta: Andi Offset

Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Tiana. 2015. Komunikasi Bisnis: Strategi Komunikasi dalam Mengelola Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Baru

Hardjana, Andre. 2016. Komunikasi Organisasi: Strategi dan Kompetensi. Jakarta: Kompas.

Latif, Rusman dan Utud Yusiatie. 2015. Siaran Televisi Non Drma :Kreatif, Produksi, Public Relations, dan Iklan. Jakarta : Kencana.

Latif, Rusman dan Utud Yusiatie. 2017. Kreatif Siaran Televisi : Hard News, Soft news, Drama, Non-Drama. Jakarta : Kencana.

Littlejohn, Stephen W. dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan. 2013. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana

Mabruri, Anton. 2013. Manajemen Produksi Program Acara Televisi.Jakarta : Gramedia

Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda

Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Naratama. 2013. Menjadi Sutradara Televisi :Dengan Singel Dan Multi Camera. Jakarta : Gramedia.

Nugroho, Sarwo. 2014. Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta : Andi

Panuju, Redi. 2017. Sistem Penyiaran Indonesia : Kajian Strukturalisme Fungsional.Jakarta : Kencana

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2015. Komunikasi Organisasi: Strategi

Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : Rosda

Riswadi. 2009. Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta : Graha Ilmu dan Universitas Mercu Buana.

Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo

Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers

Subroto, Darwanto Sastro. 1994. Produksi Acara Televisi. Yogyakarta : Duta Wacana Universiti Press

Sugeng, Pujileksono. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang : Intras Publising

Somad, Rismi dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Komunikasi: Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta

Syahputra, Iswandi. 2016. Ilmu Komunikasi : Tradisi, Perspektif dan teori.Yogyakarta : Calpulis.

Wahyudi, J.B. 1994.Dasar-Dasar manajemen Penyiaran.Jakarta: Gramedia Pustaka.

https://pakarkomunikasi.com/teori-strategi-komunikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v5i1.1339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.