PENGARUH TERPAAN IKLAN PANTENE MIRACLES DI YOUTUBE MELALUI DAYA TARIK IKLAN TERHADAP SIKAP AUDIENS PADA IKLAN

Titik Purwinarti(1*), Nurifa Ananda(2), Iis Mariam(3)

(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) Politeknik Negeri Jakarta
(3) Politeknik Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh terpaan iklan melalui daya tarik iklan terhadap sikap audiens pada iklan (studi kasus pada audiens iklan Pantene Miracles di Kota Depok). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap sikap audiens pada iklan melalui daya tarik iklan Pantene Miracles.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling dengan responden sebanyak 100 responden. Kemudian diuji dengan menggunakan PLS (Partial Least Square). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan uji validitas diskriminan, uji validitas konvergen, uji reliabilitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 45,8% terhadap sikap audiens pada iklan (Y); (b) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 64,1% terhadap daya tarik iklan (Z); (c) Daya tarik iklan (Z) berpengaruh positif sebesar 46,2% terhadap sikap audiens pada iklan (Y); (d) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 29,6% terhadap sikap audiens pada iklan (Y) melalui daya tarik iklan (Z).

Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel terpaan iklan, daya tarik iklan, dan sikap audiens pada iklan sehingga semua Ha diterima dan H0 ditolak. 


Kata Kunci


Audiens, Iklan, Sikap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annur, C.M. (2023) Pengguna YouTube di Indonesia PeringkatKeempatTerbanyak di Dunia pada Awal 2023, databoks.katadata.co.id.

Basuki, (2021), Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif, Penerbit Media Sains Indonesia, Bandung

Charles W. Lamb, J.F.H.C.M. (2001) Pemasaran. EdisiPertama. Jakarta: SalembaEmpat.

Munawwaroh, P.R. (2018) ‘PengaruhTerpaan Media Pada Akun Instagram @EXPLORESIAK Terhadap Minat KunjunganWisataKe SIAK Sri Indrapura’, JomFisip, 5(1), pp. 1–13.

Nugroho, A.W. (2013) ‘AnalisisPengaruhEfektivitasIklanTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha Di Semarang’, eprints.dinus.ac.id, pp. 1–58.

Pantene Indonesi (2022) Miracles Hair Supplement Baru! - Bye #RambutCapek Hello #RambutKeCharged, https://www.youtube.com/@PanteneIndonesia.

Rakhmat, J. (2009) Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Schiffman dan Kanuk (2008) Perilakukonsumen. 7th edn. Jakarta: Indeks.

Sugiyono (2017) Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v11i1.12556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.