MENGUKUR KINERJA LAYANAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PALANGKA RAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PELANGGAN
(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author
Sari
This research aims to analyze, test, and measure the performance of Bhayangkara
Hospital Palangka Raya Services in terms of Customer Perspective. The type of this
research is quantitative descriptive. The data collected are secondary data and primary
data. The secondary data was obtained from the documentation of medical record
reports of the year 2020-2022. The primary data was obtained through questionnaires
distributed to patients of Bhayangkara Hospital Palangka Raya. The results showed that
the hospital's performance from the customer perspective calculated based on
customer retention and customer acquisition in 2020-2022 was on average good.
Meanwhile the customer satisfaction indicators from five variables, namely tangibles,
reliability, responsiveness, assurance and empathy, were generally classified
assatisfactory. The management needs to pay special attention to the assessment of
indicators that have not been good or good enough, and maintain the assessment of
good indicators in order to improve the hospital’s performance in the future.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chandrarin, Grahita. 2017. Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Penerbit
Salemba Empat. Jakarta.
Cheristian. 2015. Analisis Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Pada RSUD Tanjung
Pinang.
Hartati. 2012. Pengukuran Kinerja RSUD Dr. Moewardi Surakarta Dengan Menggunakan
Metode Balance Scorecard. Tesis.Universitas Indonesia.
Kaplan, Robert S. dan Norton David P. 2000.Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi
Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.
Karyogis dan Putra. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar
Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Kabupaten Bangli (ISSN: 2302-8556 EJurnal
Akuntansi Universitas Udayana Vol.20.1. Juli (2017): 555-584).
Universitas Udayana. Bali
Mahsun.Sulistiyowati.Purwanugraha. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: UPP
STIM YKPN
Sari dan Arwinda.2015. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja
Perusahaan PT. Jamsostek Cabang Belawan.Jurnal Riset Akuntansi dan
Bisnis.(Volume 15, No. 1/ Maret 2015).
Suliyanto. 2005. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset Sunyoto. 2013. Metode
Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Parmita,
Sari, Anggraini Puspita. 2015. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran
Kinerja Pada Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.(Vol. 4,
No. 11).
Wulandari. 2010. Perbandingan Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah
Sakit Se-Eks Karisedenan Surakarta.Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Zulfa.2013. Analisis Kinerja Transjakarta Busway Dalam Kerangka Balance
Scorecard.Tesis.Universitas Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i2.11915
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.