Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen (Studi Kasus di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru)

Muhammad Musthofa(1*), Anthonius Junianto Karsudjono(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Dampak dari pandemi Covid-19 terus bergaung di berbagai sektor, termasuk perhotelan. Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru merupakan salah satu penyedia jasa perhotelan yang merasakan dampak dari pandemi ini, dengan mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan di sepanjang tahun 2021. Selain dampak pandemi terhadap penjualan, Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru juga tertinggal dari para kompetitornya dalam hal harga dan promosi, menurut data responden.

Untuk mengatasi tantangan ini, hotel menerapkan strategi bauran pemasaran, yang mencakup 7P: product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process. Mengevaluasi elemen-elemen ini sangat penting dalam mempengaruhi perilaku dan niat pembelian konsumen.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari harga dan promosi terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi harga dan promosi memiliki dampak secara parsial dan simultan terhadap keputusan menginap konsumen di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru

Kata Kunci


Marketing Mix Strategy, Price, Promotion, Consumer Behavior

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


———. 2014. Principles of Marketing. 15. ed., global ed. Boston, Mass. Munich: Pearson.

———. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

———. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: PT. Andi Offset.

Algifari. 2000. Analisis Regresi: Teori, Kasus Dan Solusi. 2nd ed. Yogyakarta: BPEF.

Bhattacharya, Gouri K, and Richard A Johnson. 1997. Statistical Concepts and Methods. New York: John Willey & Son Inc.

Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. 5th ed. Semarang: UNDIP Press.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gulla, Rendy, Sem George Oroh, and Ferdy Roring. 2015. “Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(1).

Kasisariah, Tri Rusilawati. 2021. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Jasa Pada Hotel Calista Lahat.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 18(2): 249–61.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2013. Prinsip- Prinsip Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lysistratar, Anrietha. 2018. “Pengaruh Kebijakan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Pada Hotel Wisata Watampone Di Kabupaten Bone.”

Mardia, Mardia et al. 2021. Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Rahadian, Dani, and Adithya Pratomo. 2013. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Kamar Di Hotel Benua Bandung.” Binus Business Review 4(2): 776–90.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono, Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Heri, Andi Tri Haryono, and Moh Mukeri. 2018. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan.” Journal of Management 4(4).

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-2. Yogyakarta: Andi Ofset.

Umar, Husein. 2001. Strategi Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-kalam.v10i2.10648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/index adalah ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.