PERAN KOPERASI PADA PROGRAM KEMITRAAN INTI PLASMA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT UNTUK MENINGKATKANTARAF HIDUP MASYARAKAT

Muhammad Topan(1), Ifrani Ifrani(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Program kemitraan inti plasma tersebut dalam pelaksanaannya menyimpan banyak kekurangan. Manajemen kebun plasma yang bermitra dengan inti sangat beragam status pengelolaannya. Ada yang bersifat individu  dan ada  pula di bawah pengelolaan berkelompok  seperti Koperasi atau GAKOPTAN. Seringkali dengan banyaknya kekurangan dalam pelaksanaannya tersebut maka kecenderungan kondisi tidak menguntungkan ada pada pihak petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan  program kemitraan inti plasma perkebunan sawit dan peran Koperasi dalam program kemitraan inti plasma perkebunan kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Selatan khususnya wilayah perkebunan sawit di Kabupaten Barito Kuala, sebagaimana diatur dalam perundang-undang No.39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan dan UU sektoral terkait. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif, yakni penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif, yang bersumber dari penelitian kepustakaan yang menggunakan bahan hukum.


Keywords


Kemitraan Inti Plasma; Perkebunan Sawit; Peran Koperasi

References


Departemen Pertanian. 2007. Pedoman Umum Program Revitalisasi Perkebunan (Kelapa Sawit, Karet, dan Kakao). Direktorat Jenderal Perkebunan. Jakarta

E-paper Media Indonesia, Rabu 03 April 2019, pukul 13.45 WIB

Johnny Ibrahim. 2005. Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Surabaya : Bayumedia Publishing.

Kartasasmita, Ginandjar. 1996. Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Melalui Kemitraan Guna Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tangguh dan Mandiri. Makalah disajikan dalam

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji. 2003. Penelitian Hukum Normatif. Jakarta : PT RajaGarafindo Persada.

Sulistianawati, 2010, Strategi Dan Kelayakan Pengembangan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Pola Kemitraan PT. Anugerah Tani Bersama Dengan Masyarakat (Kasus Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan), Tesis, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Wawancara Pribadi dengan Darmono Selaku Ketua Pengurus Koperasi KUD Makarti Jaya, Wanaraya, tanggal 2 November 2019.

Yati Nurhayati, 2013, “Perdebatan Antara Metode Normatif dengan Metode Empirik Dalam Penelitian Ilmu Hukum Ditinjau Dari Karakter, Fungsi dan Tujuan Ilmu Hukum”, Al Adl Jurnal Hukum, Volume V Nomor 10, Juli-Desember 2013.

Yati Nurhayati, 2020, Pengantar Ilmu Hukum, Cetakan Pertama Nusa Media, Bandung,




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-adl.v12i2.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al Adl by Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad albanjari is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/aldli/index