ENTERPRENEURIAL GOVERNMENT APARATUR PEMERINTAH PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH, PENDIDIKAN DAN LATIHAN KOTA BANJARMASIN

Erna Suriyani

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Enterpreneurial Government pada Aparatur Pemerintah Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan Kota Banjarmasin.

Dari kajian terhadap teori-teori para ahli tentang Enterpreneurial Government maka dalam penelitian ini Enterpreneurial Government Aparatur Pemerintah pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan Kota Banjarmasin akan dilihat dari inovasi dan kreatifitas, desentralistik, kompetitif, dan kompetensi.

Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, dimana penulis ingin mencoba untuk menggambarkan keadaan obyek yang diteliti pada saat penelitian dilakukan berdasarkan pada fakta-fakta yang ada dilapangan yakni menggambarkan Enterpreneurial Government pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan Kota Banjarmasin.


Temuan Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penerapan konsep Entrepreneurial Government pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan Kota Banjarmasin masih belum sepenuhnya diterapkan. Dilihat dari semua indikator yang digunakan dalam penelitian ini seperti aspek Inovasi dan kreatifitas Aparatur Pemerintah pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan kota Banjarmasin penerapannya masih sangat rendah. Dilihat dari aspek Desentralistik ternyata belum sepenuhnya menerapkan konsep Entrepreneurial Government. Kewenangan pembuatan keputusan pada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Latihan kota Banjarmasin seharusnya lebih didesentralisasikan kepada unit-unit atau bagian bagian yang lebih me-nguasai masalah dan memahami atas pekerjaannya masing-masing. Demikian juga Entrepreneurial Government dalam hal kompetisi pada Badan Kepegawaian Daerah Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin, masih belum dapat menerapkan dengan baik.

Dari aspek kompetensi pegawai, terungkap dari hasil penelitian ini, ketrampilan dan pengetahuan sebenarnya harus menjadi pertimbangan yang penting dalam suatu jabatan tetapi kenyataannya tidak sepenuhnya dapat diterapkan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.